Pemprov Sumbar Bakal Bangun SMK Peternakan di Solsel

FB IMG 1615533137866

Gubernur Sumbar dan Wagub memaparkan akan membangun SMK Peternakan di Solsel

Padang, Kopasnews.com — Pemerintah Provinsi Sumatera Barat bakal mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) khusus peternakan di Kabupaten Solok Selatan. 

Program tersebut dinilai sejalan dengan prioritas Provinsi untuk lebih mengembangkan sektor pertanian, khususnya peternakan dan sektor pendidikan kejuruan di Sumbar. 

“Ini sangat penting kita syukuri dan  berterima kasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar yang akan mendirikan SMK peternakan di Solsel,” ungkap Pj Sekdakab Solok Selatan Doni Rahmat Samulo.

Dia menjelaskan, dalam rapat koordinasi Perencanaan Pembangunan Sumatera Barat bersama Pemprov diikuti Kabupaten/Kota se Sumbar  di auditorium gubernuran di Padang, Senin lalu. 

691855ab 62a8 4b0f b733 b60ee877d712

“Setelah kita paparkan ekspose pembangunan kita di sektor peternakan, Gubernur Sumbar Mahyeldi langsung memberikan dukungannya,” jelasnya. 

Gubernur Sumbar Mahyeldi menyebutkan, Pemprov Sumbar akan segera memproses pendirian SMK Peternakan ataupun pengembangan SMK Pertanian yan telah ada di Solok Selatan. 

Menyikapi dukungan Gubernur tersebut, tentu saja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di Pemkab Solok Selatan harus segera berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi, sehingga bisa bisa direalisasikan segera sebagai bagian dari perencanaan tahun mendatang.

“Segeralah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, mudahan saja segera terealisasi,” bebernya. 

Dinas Pendidikan Solsel untuk berkoordinasi dengan Pemprov, karena saat ini kebijakan untuk SMA/SMK merupakan urusan provinsi. 

Menurutnya, keberadaan SMK peternakan ini nantinya tentu akan menghasilkan sumber daya manusia yang mumpuni dan mempunyai keterampilan di bidang peternakan. 

“Rencana ini jangan sampai di Sia-Siakan Pemkab Solsel dan segeralah berkoordinasi,” ucapnya.  

Pj Sekdakab Solsel Doni Rahmat Samulo menyikapinya, keberadaan SMK Peternakan itu disamping bisa mendorong pelajar daerah untuk berwiraswasta, termasuk menjadi peternak yang handal. 

Serta menguasai di bidang peternakan, nanti bisa dimanfaatkan sebagai tenaga pendamping program 1 sapi satu kepala keluarga (KK) yang masuk dalam visi misi Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan Selatan terpilih Khairunas-Yulian Efi.

Program pendirian SMK Peternakan ini sangat tepat di Solok Selatan karena diharapkan mampu mendukung program kepala daerah terpilih nantinya, satu ekor sapi untuk satu kepala keluarga (KK).

“Dengan adanya SMK Peternakan ini diharapkan dapat mendukung kesuksesan salah satu program ekonomi kepala daerah terpilih nantinya, menjadikan Solsel sebagai daerah lumbung penghasil daging ternak,” tuturnya. (Adi) 

20210312 195857 1 scaled
Yang Suka Silahkan Order Sekarang Via WhatsAp, Pilihan Ibu Kesenangan Keluarga