Solok, Kopasnews.com — Pentingnya meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW sebagai konsep rahmatan lil’alamain bagi umat islam.

Hal ini disampaikan Rois Syuriah Pimpinan Cabang Nahlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Solok, Buya Fahmi Riza kepada jemaah Masjid Babussalam Jorong Balai Garabak, Nagari Sungai Abu, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kamis (11/3/2021) malam. 

Dalam tausiyahnya, Buya Fahmi Riza menghimbau agar masyarakat di pelosok daerah Kabupaten Solok itu untuk selalu menjaga nilai-nilai islam ahlusunnah wal jamaah an-nahdliyah, serta pelestarian budaya lokal masyarakat setempat. 

Harapan itu supaya mendesiminasikan nilai-nilai keaswajaan yang mengutamakan nilai dan konsep Islam Rahmatan lil’alamin. Menurutnya, urgensi desiminasi nilai-nilai seperti itu sebagai upaya kontra radikalisme yang saat ini mulai menjamur di tengah masyarakat.

“Nilai agama ini sebagai alternatif untuk menyiapkan generasi berperan menjadi otoritas keagamaan di tengah masyarakat, sebagai cikal akal pendakwah di pelosok daerah ini,” harapnya. 

Setidaknya menurut Rois Syuriah PCNU itu, regenerasi mampu menyiapkan jawaban atas berbagai pertanyaan di masyarakat terkait kelompok-kelompok yang intoleransi dan radikal. Upaya ini agar tradisi keulamaan Aswaja An-nahdliyah tidak bergeser dari pakem yang sudah ada.
Buya itu pun menjelaskan tentang islam adanya nusantara, yang bertujuan menjaga tradisi secara turun temurun. Karena Islam itu pendekatan budaya.


“Pentingnya memperingati isra Mi’raj bukanlah sekedar memperingati saja, tetapi bagaimaba mencontoh akhlak nabi muhammad SAW,” bebernya kepada puluhan jemaah Masjid. 

Rois Syuriah PCNU Kabupaten Solok didampingi oleh Wakil Ketua Tandfiziah Syahrul Ramadhan, Wakil Sekretaris R Nofrianto, dan Wakil bendahara M. Fauzan serta Ketua MWC NU Hiliran Gumanti Nora Rajo Maggek.

Ketua Pengurus Masjid Babussalam, Fitreo Yuliadi didampingi Tokoh Masyarakat setempat Syahril, berharap supaya Buya Fahmi Riza bisa mengisi pengajian secara rutin sebagai peningkatan ilmu agama bagi masyarakat pelosok daerah Solok itu. 


Serta harapan ke Pemerintah Kabupaten Solok memberikan perhatian kepada Masjid Babussalam yang sedang dalam proses pembangunan. (Adi)