Bukittinggi, Kopasnews.com — Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) mengkonfirmasi bahwa KPU Solsel dinilai sukses menggelar Pilkada serentak tahun 2020. 

Kesuksesan tersebut dilihat dari tingkat keberhasilan penyelenggara melalui partisipasi pemilih, baik ditingkat nagari, Kabupaten Solsel maupun ditingkat Provinsi Sumbar. 

“Yang menjadi kebanggaan kita, partisipasi pemilih di Solsel berada dirangking pertama ditingkat Provinsi Sumbar dengan persentase 81,66 persen,” ungkap Asisten I Pemkab Solok Selatan, Fidel Efendi di Novotel Bukittinggi, Kamis (11/3/2021).

Telah Hadir Bedsheed Vechia Pilihan Ibu Kesayangan Keluarga, Canik dan lembu Ayo Segera Pesan

Dijelaskannya dalam agenda evaluasi tahapan penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 yang dilaksanakan hingga Sabtu (13/3/2021).

Bukan hanya terbaik ditingkat Kabupaten se Sumbar saja, akan tetapi tingkat Nagari dan tingkat Kecamatan penyelenggaraan Pemilu di Solsel juga tertinggi se Sumatera Barat. Serta tidak ada gesekan Politik yang pernah terjadi di Pilkada 2015 lalu. 

“Nagari Padang Gantiang persentase pemilih mencapai 85,34 persen dan Kecamatan Sangir Batang Hari 88,37 persen. Ini sesuatu hal yang membanggakan pelaksanaan Pilkada dalam masa pandemi,” tuturnya. 

Terpisah Ketua KPU Solsel, Nila Puspita menyebutkan, ini merupakan tahapan akhir penyelenggaraan Pilkada serentak 2020. 

Ketika petugas melakukan verifikasi dilapangan, penyelengga mempunyai tingkat resiko tinggi penularan Covid-19. 

“Kami bersyukur karena dalam massa pandemi Covid-19, susah payah dalam keterbatasan dan tantangan berat penyelenggaraan. Alhamdulillah, terbalas dengan hasil sukses Pilkada di Solsel,” tuturnya. 

Tugas berat KPU, swab massal 4.250 orang penyelenggara sampai tingkat PPS untuk menjawab keraguan masyarakat terhadap kluster baru, dan mampu membuktikan petugas penyelenggara bebas Covid-19,” tuturnya. (Ardi) 

error: Content is protected !!