Padang Aro, Kopasnews.com — Pemprov Sumbar merealisasikan janjinya untuk perbaikan ruas jalan provinsi yang sangat sempit ditiga titik di Kabupaten Solok Selatan.

“Kondisi terkini selain usak, juga sangat sulit dilewati ketika kendaraan roda empat bertemu dari arah yang berlawanan. Bahkan Medan jalan memiliki tanjakan tinggi dan tikungan tajam,” kata Pj Sekdakab Solok Selatan, Doni Rahmat Samulo, Rabu (10/3/2021).

Tahun ini Rp6 miliar APBD Provinsi Sumbar akan dinikmati masyarakat untuk kegiatan fisik dilapangan, selain diperlebar jalan provinsi di Bukit Manggiu Kecamatan Sangir, dan titik Sikayan Talang Kecamatan Sangir Jujuan segera terlaksana. 

Buruknya infrastruktur sering dikeluhkan masyarakat, baik secara langsung maupun melalui media sosial. 

Bahwa Pemprov Sumbar menyampaikan, tahun 2021 ini ada dana perbaikan jalan ruas Bukit Manggis di Solsel. Telah diupload sebesar Rp6 miliar, ini kata Kepala Dinas PU&PR Sumbar Fathol Bahri,” ditirukan Doni. 

Dilakukan perbaikan jalan ruas Bukit Manggiu tersebut, sebagai penghubung empat kecamatan di Solok Selatan. Seperti Kecamatan Sangir, Sangir Jujuan, Sangir Balai Janggo dan Sangir Batang Hari. 

Jika tahun 2021 ini jalan tembus ke Kabupaten tetangga dibangun Pemerintah Pusat, maka akses menuju Dharmasraya hanya sekitar 1 jam perjalanan. “Selain penghubung empat kecamatan di Solsel, juga akses penghubung ke Kabupaten Dharmasraya,” paparnya. 

 Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang dan Pertanahan (PUTR) Solok Selatan, Yolly Hirlandes Putra mengatakan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Dinas PU&PR Propinsi terkait pekerjaan jalan di Bukit Manggiu tersebut.

Dia belum bisa memastikan titik lokasi pekerjaan yang akan dilaksanakan Dinas PU&PR Propinsi di Bukit Manggiu tersebut.

“Kami segera berkoordinasi dengan PUPR Sumbar, terkait teknis pekerjaan jalan Bukit Manggiu dilapangan,” ucapnya. Adi