Bangun Karakter Cegah Seksualitas Remaja Lewat Program Duta Genre

  • Adit
  • 3 Maret 2021
  • Komentar Dinonaktifkan pada Bangun Karakter Cegah Seksualitas Remaja Lewat Program Duta Genre

Padang Aro, Kopasnews.com –Para Duta Generasi Berencana (Duta Genre) di Solok Selatan, diharapkan mampu menjawab roblematika remaja yang berkembang ditengah masyarakat saat ini. 

Seperti perkawinan usia dini, sek pra nikah, narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (NAPZA). 

“Permasalahan remaja yang paling menonjol adalah seksualitas. Oleh sebab itu, diperlukan remaja yang cerdas, visioner, dan inovatif terhadap rencana masa depan mereka dan lebih berkarakter,” ungkap Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KB, PP&PA) Solok Selatan, Lora Ayahanda Putri, Rabu (3/3/2021). 

Dia menginginkan, remaja memikirkan jenjang pendidikan, karir, rencana menikah dan menjauhi masalah narkoba dan sek pra nikah secara matang. 

Dari 15 pasang peserta duta genre dari jenjang pendidikan SMA sederajat di Solsel, hari ini akan dipilih yang terbaik di Aula Kantor Bupati Solsel untuk mengikuti lomba ditingkat Provinsi dan Nasional nantinya. 

Karakter yang baik akan melahirkan remaja tangguh dan berkontribusi dalam pembangunan daerah. 

Cegah HIV/AIDS, penyalahgunaan narkoba dan seksualitas. 

“Intinya bagaimana remaja itu bisa menebar virus kebaikan dan menjauhi pengaruh negatif terhadap generasi daerah,” paparnya. 

Kepala BKKBN Sumbar diwakili, Fatmawati, ia menjelaskan, jati diri generasi meski dibangun dan mempunyai  tagline baru untuk generasi muda.

Hal senada juga disampaikan Pj Sekdakab Solok Selatan, Doni Rahmat Samulo, Duta GenRe harus mampu memotivasi diri dan remaja lain supaya terhindar dari perilaku hidup negatif dan mampu menjawab masalah remaja saat ini. (Adi) 

error: Content is protected !!