Padang Aro, Kopasnews.com — Kabupaten Solok Selatan daerah tercepat di Sumatera Barat (Sumbar), menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) ke Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Sumbar di Padang.

Bahkan pengelolaan laporan keuangan tersebut lebih baik dari tahun sebelumnya, semua ini terwujud dari kerja keras tim dalam menuntaskan laporan. 

“Kita Pemkab Solsel menjadi yang tercepat dalam penyajian LKPD di tahun 2021, ini sebuah perubahan yang lebih baik dari sebelumnya,” ungkap Plt Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman, Selasa (2/3/2021).

Dia menyebutkan, LKPD tersebut diserahkan ke BPK RI perwakilan Sumbar Senin kemarin (1/3). Solsel sendiri katanya, sudah empat kali berturut-turut mendapatkan opini laporan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Mudahan saja di tahun ini memperoleh untuk ke lima kalinya, dan diharapkan semangat bekerja dan menuntaskan administrasi pemerintahan dengan baik. 

“Mudahan WTP ke 5 kalinya diraih Solsel di tahun 2021 ini,” harapnya. 

Kepala BPK RI Perwakilan Sumbar, Yusna Dewi menyebutkan, Solsel Kabupaten perdana di Sumatera Barat yang telah menyampaikan LKP ke BPK RI. 

“Ini sebuah perubahan bagi Solsel, semoga tahun 2021 ini kembali bisa raih WTP ke lima kalinya berturut-turut,” paparnya. 

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Solok Selatan, Irwanesa didampingi Kepala Inspektorat Solsel, Akmal Hamdi menjelaskan laporan keuangan Kabupaten Solsel saat ini telah menyajikan akun-akun atau pos-pos keuangan, aset tetap yang berpengaruh, termasuk penanganan pandemi covid19.

“Perubahan ini berkat kerjasama Tim LKPD dengan Tim Pengelola Dana BTT Covid19 di BPBD Solsel,” jelasnya.

Termasuk data dukung dari RSUD dan Dinas Kesehatan dalam penyajian bantuan dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, masyarakat, perusahaan dan lembaga/instansi lainnya. (Adi)