Jalan Nasional Mengalami Kemacetan Gegara Pohon Tumbang Diterjang Angin

  • Adit
  • 2 Maret 2021
  • Komentar Dinonaktifkan pada Jalan Nasional Mengalami Kemacetan Gegara Pohon Tumbang Diterjang Angin
Petugas BPBD Solsel terlihat sedang membersihkan material kayu di jalan nasional

Padang Aro, Kopasnews.com — Kemacetan yang terjadi di jalan nasional Liki Atas, Nagari Lubuk Gadang Barat Daya, Kecamatan Sangir, Solok Selatan dipicu akibat pohon tumbang ke badan jalan. 

Peristiwa itu terjadi Selasa (2/3/2021) sekitar pukul 15.30 WIB, beruntung tidak ada kendaraan yang melintas di ruas jalan nasional tersebut. 

“Kita bersyukur karena tidak ada kendaraan yang melintas saat pohon tumbang melintang badan jalan,” kata Kepala BPBD Solok Selatan, Richi Amran, Selasa (2/3/2021) sore. 

Pemicu pohon berdiameter 30 tersebut tumbang, karena hujan lebat dan angin kencang. Sehingga menyebabkan kemacetan sekitar 30 menit, beruntung pihak BPBD Solsel cepat mendapatkan informasi dari warga. 

Jika tidak, tentu saja arus lalu lintas akan terjadi kemacetan cukup lama dari dua arah. Baik arah Penonika, Kecamatan Pauhduo maupun dari arah Liki Kecamatan Sangir.

“Kita langsung menuju lokasi dengan peralatan lengkap, untuk memberikan bantuan dan membersihkan jalan dari material kayu yang roboh itu,” paparnya. 

Pengendara roda dua, Alberto menjelaskan, ketika ia datang dari arah Padang Aro hendak menuju Puncak Pekonina, ia tidak bisa melewati jalan nasional itu. Karena sudah tertutup batang dan dahan pohon yang tumbang ke badan jalan. 

“Ketika pohon tumbang, saya masih berada sebelum jembatan Liki Atas. Kondisi cuaca sedang hujan disertai angin,” bebernya.

Dia memaparkan, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat tidak ada yang melintas saat peristiwa pohon itu tumbang.

“Memang terjadi kemacetan dari dua arah, namun material pohon cepat dilakukan penanganan oleh pihak BPBD Solsel,” tuturnya. (Adi) 

error: Content is protected !!