Puluhan anak muda dibekali pelatihan berbasis kompetensi di BLK Solsel

Solok Selatan, Kopasnews.com — Puluhan anak muda dibekali Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal melalui pelatihan berbasis kompetensi di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, untuk menghadapi tuntutan dan tantangan dunia kerja kedepan. 

Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Solok Selatan, Sumardianto menjelaskan, pelatihan tahap awal ini dengan peserta 48 orang dari tiga kejuruan, yakni Procesing (pembuatan kue dan roti) , Otomotif (servis sepeda motor konvensional) dan Garmen Apparel Program (Asisten Pembuat Pakaian). 

Putra putri daerah yang mengikuti pelatihan berbasis kompetensi itu katanya, 100 persen dari kalangan anak muda. Umumnya dari tamatan SMA sederajat dan tidak menyambung pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. 

“Artinya, mereka menyiapkan diri dalam menyambut dunia kerja baru,” tuturnya Sumardianto kepada Kopasnews.com, Selasa (23/2/2021).

Jumlah sasaran kita tahun ini sebutnya, sebanyak 128 orang. Tahun lalu lebih didominasi ibu rumah tangga dan pengangguran, tahun ini dari kalangan muda.

Target BLK Kabupaten bagaimana millenial memiliki kompetensi memasuki dunia kerja, menciptakan atau membuka lapangan kerja baru berskala kecil. 

“Pelatihan perdana ini dimulai pada Kamis (25/2/2021) besok, dan bersumber dari APBN melalui Saker Angkatan kerja BLK Padang,” terangnya. 

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Solok Selatan, Basrial berharap kegiatan pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) dapat dijalani dengan baik oleh peserta dan bersungguh-sungguh. 

Peserta dibekali pakaian kerja 1 pics, pakaian kaos 1 pics, ransel, pakaian olahraga 1 stel, makan siang dan snak setiap hari, uang transportasi Rp25 ribu perhari dan ATK dan APD Covid-19. 

“Jangan diharapkan apa yang diterima saat pelatihan, tetapi bawalah ilmu yang ada dan diterapkan setelah pelatihan,” pesannya. (Adi)