Sempat Viral, Semburan Uap Panas Bumi Dijamin Tidak Membahayakan

Site Support Manager PT SEML Yulnofrin Napilus

Solok Selatan, Kopasnews.com — PT Supreme Energy Muaralabuh (SEML) Kabupaten Solok Selatan (Solsel), sebut semburan uap putih keudara antara sumur A dan F tidak membahayakan dan tidak beracun. 

Peristiwa vidio yang beredar di media sosial (Medsos) hingga Viral minggu lalu, terjadi ketika intensitas air yang ada diperut bumi dengan kedalaman sekitar 2-3 KM mengalami tekanan melebihi ambang batas normal. 

“Ini penyebab uap putih tersebut menyembur keluar di empat saluran pengaman seperti vidio viral yang  disebar di media sosial, minggu lalu,” kata Site Support Manager PT SEML, Yulnofrin Napilus kepada puluhan wartawan dilokasi SS2 antara sumur A dan F, Senin (22/2/2021). 

Dijaminnya uap putih panas bumi itu aman, tidak beracun dan tidak membahayakan. Disaat asap menyembur bunyinya sangat keras, jika berada dilokasi akan menutup telinga. 

Kalau dilihat sekilas, vidio Viral itu akan memicu kekawatiran publik tentang uap panas bumi. 

Terjadi dizona inti i, disana tidak seorang pun mendapat izin masuk pengambilan foto atau vidio. Lokasinya di SS2 antara sumur A dan F, mungkin saja ada warga menerobos lewat jalur Sungai dan hutan. 

“Semburan uap itu tidak terjadi berulang-ulang,” tuturnya didampingi Humas PT SEML, Roza. 

Hingga sekarang lanjutnya, belum ada zat berbahaya dari uap panas bumi itu. Jika ada kondisi berbahaya, perusahaan memiliki alat detektor yang dipegang petugas 24 jam akan berbunyi. 

Sementara, Kepala Bidang Penataan Kapasitas Lingkungan Dinas Perumahan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkin LH), Murtamin mengatakan, pihak LH Solsel hanya ada alat pengujian debu, namun belum memiliki alat pengujian uap.

“Kita belum punya alat uji uap, yang ada baru alat penguji debu,” paparnya. (Adi) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!