Pengambilan sampe
Pengambilan sampel swab di Solsel, Sumbar, Rabu (17/2021)

Solok Selatan, Kopasnews.com — Balum satupun Kota/Kabupaten di Sumatera Barat (Sumbar) berstatus zona hijau, atau daerah yang terbebas dari kasus pandemi covid-19 hingga Februari 2021.

Juga perlu disyukuri karena tidak ada lagi daerah yang berada di zona merah atau resiko tinggi akan wabah corona seperti sebelumnya. . 

“Hingga Februari ini empat daerah masih dalam zona Orange atau resiko sedang wabah pandemi, sedangkan 15 daerah berada dalam zona kuning atau resiko rendah,” ungkap Juru Bicara Covid-19 Pemprov Sumbar, Jasman Rizal, Rabu (17/2/2021).

Empat daerah yang masih berstatus memiliki resiko sedang kasus covid-19 (zona Orange) yakni Kota Pariama, Pasaman Barat, Agama, dan Kabupaten Solok. 

Dari 15 daerah yang berstatus resiko Rendah (zona kuning), kategori Kabupaten yakni Mentawai, Sijunjung, Solok Selatan, Padang Pariaman, Tanah Datar, Dharmasraya, Pesisir Selatan, Pasaman, dan Kabupaten Limo Puluh Kota. 

Sedangkan kategori Kota, yakni Padang Panjang, Kota Solok, Bukittinggi, Padang, Payakumbuh, dan Sawahlunto. 

“Sesuai indikator kesehatan masyarakat, Mentawai memiliki skor terbaik kasus covid-19,” paparnya. 

Rabu hari ini terjadi penambahan 71 orang terinfeksi kasus covid-19 di Sumbar, sehingga total warga ranah minang yang terinfeksi corona telah mencapai 28.307 orang.

Penambahan pasien covid yang sembuh sebanyak 95 orang dan tercatat total jumlah terkonfirmasi positif covid-19 yang telah sembuh mencapai 26.550 orang. (Adi)