Kondisi minibus Toyota Rush saat jatuh Kejurang DI Liki, Nagari Persiapan Lubuk Gadang Barat Daya Kec. Sangir Solsel (Ist)

Solok Selatan, Kopasnews.com — Diduga sopir mengantuk, mini bus jenis Toyota Rush BA 1742 TT masuk jurang di Jorong Liki, Nagari Persiapan Lubuk Gadang Barat Daya, Kecamatan Sangir, Solok Selatan, Minggu (14/2/2021) sekitar pukul 13.30 wib. 

“Tidak ada korban jiwa dari peristiwa kecelakaan tersebut, satu penumpang mengalami patah tangan bagian kanan dan sakit di leher,” kata Kasat Lantas Polres Solok Selatan, AKP DWI Yulianto, Minggu (14/2/2021).

Dia menjelaskan, dengan kondisi jatuh kejurang dengan kedalaman sekitar 10 meter, sopir minibus Ahmad, 48, mengalami sakit dibagian leher. Sedangkan penumpangnya bernama Sumitra Devi, 44, mengalami patah tangan bagian kanan dan sakit dileher. 

Minibus tersebut melaju dari arah Muara Labuh menuju Padang Aro, sopir hilang kendali karena ngantuk sehingga menyebabkan Toyota Rush warna hitam itu masuk jurang pinggir sawah masyarakat Liki yang berada di pinggir jalan nasional sebelah kiri dari ARAH Muara Labuh. 

“Akibat sopir mengantuk sehingga mobil itu jatuh ke jurang, dan kondisi nya remuk,” paparnya. 

Sopir dan penumpang katanya, sama-sama beralamat di Perumahan PT Kencana Sawit Indonesia (KSI) Kecamatan Sangir Balai Janggo, Solok Selatan.

KBO Lantas Polres Solok Selatan, Iptu Alwizi Safriadi menambahkan, atas peristiwa kecelakaan tunggal menyebabkan minibus rusak berat, kerugian material sekitar Rp20 jutaan.

Pihaknya usai kejadian telah mendatangi TKP, mencatat saksi, dan mengamankan barang bukti. 

“Kecelakaan tunggal ini terjadi ditikungan, penandangan terhalang dan kondisi sopir mengantuk,” paparnya. 

Menurut keterangan saksi, Fahri Jambak, 49, ia mendengar dentuman suara di depan rumahnya. Namun ternyata satu unit minibus jatuh ke jurang, bersyukur saja tidak ada korban jiwa atas peristiwa itu. 

“Usai kejadian warga mencoba menyelamatkan sopir dan satu penumpang dan membawa ke pengobatan alternatif di daerah Liki tersebut,” ujarnya. (Adi)