Ratusan Siwa SMAN 6 Solsel Terima Dana Pendidikan dan Diskon Uang g Bulanan

Solok Selatan, Kopasnews.com — Ratusan siswa SMAN 6 Solok Selatan terima bantuan pendidikan dan diskon iyuran bulanan komite hingga 100 persen.


Kepala SMAN 6 Solok Selatan, Syamsuria mengatakan, sebanyak 209 siswanya telah menerima bantuan dana pendidikan senilai Rp179 juta dan 145 siswa diskon biaya bulanan komite sekolah.


Bantuan pendidikan tersebut berasal dari Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2020 sebesar Rp162 juta dan Rp17 juta dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sumbar.
“Dana pendidikan tersebut dicairkan di tahun 2021, karena masuk kerekening sekolah di Desember 2020,” ujarnya, Selasa (9/2/2021).


Dijelaskannya, bahwa penerima dana PIP ini sebanyak 192 siswa, masing-masing siswa mendapatkan biaya pendidikan sebesar Rp500 ribu hingga Rp1 juta dari kategori masyarakat tidak mampu.


Diperuntukan bagi siswa kelas X masing-masing sebesar Rp500 ribu, kelas XI Rp1 juta dan kelas XII Rp500 ribu.
Sedangkan bantuan pendidikan dari Basnaz Provinsi Sumbar senilai Rp17 juta, untuk 17 orang siswa.


“Masing-masing siswa juga mendapatkan bantuan senilai Rp1 juta, yakni masyarakat miskin dan kurang mampu yang tidak terdata dalam data dapodik penerima dana PIP,” jelasnya.


Dengan bantuan tersebut harap Syamsuria, mudahan saja beban orang tua siswa SMAN 6 Solsel lebih ringan dan masyarakat lebih terbantu.


antuan Baznas Sumbar Rp17 juta ini, juga diperuntukan khusus siswa kurang mampu dan keluarga miskin yang belum mendapatkan dana PIP Pusat,” ungkapnya. 


Selain itu, Syamsuria juga melakukan diskon biaya bulanan komite sekolah yang ditetapkan Rp60 ribu perbulan, diperuntukan bagi 145 siswa dari berbagai kategori setelah pihak sekolah melakukan survei ke rumah anak didiknya.


Pembebasan dana komite 100 persen bagi 90 orang siswa, terdiri dari anak yatim piatu, anak yatim, berprestasi hafiz alquran, tanggungan usia sekolah lebih dari dua orang surat keterangan legal dari jorong diketahui wali nagari.


Sedangkan diskon fee 75 persen untuk 30 orang siswa dan diskon 50 persen untuk 25 orang siswa.
“Sejak penerapan diskon ini, peminat bersekolah disini sangat tinggi,” pungkasnya. (Adi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!