Proses Pemberangkatan 553 Kloter Jemaah Haji Indonesia ke Arafah Selesai

Jemaah haji menuju Arafah terakhir dari Padang
Jemaah haji menuju Arafah terakhir dari Padang

 

Kopasnews.com – Pemberangkatan jemaah haji Indonesia dari Makkah ke Arafah telah selesai. Semua jemaah, kecuali yang mengikuti safari wukuf, kini sudah berada di Arafah. Proses pemberangkatan dari hotel di Makkah berlangsung pada Jumat, 14 Juni 2024, pukul 06.00 Waktu Arab Saudi.

“Alhamdulillah, pukul 03.00 Waktu Arab Saudi pagi tadi, jemaah haji kelompok terbang (kloter) terakhir meninggalkan Makkah menuju Arafah. Ini sesuai dengan jadwal yang kita rencanakan,” jelas Direktur Layanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid di Arafah, Sabtu (15/6/2024).

Rombongan terakhir yang berangkat menuju Arafah adalah bus yang membawa kelompok terbang 15 Embarkasi Padang (PDG-15). Setibanya di Arafah, mereka langsung menempati tenda yang telah disiapkan.

“Saat ini 553 kloter sudah berada di Arafah. Mereka sudah menempati tenda masing-masing. Insya Allah besok semua akan menjalani wukuf di Arafah,” tambah Subhan.

Jemaah haji Indonesia yang akan mengikuti safari wukuf dijadwalkan berangkat ke Arafah pada hari Sabtu sekitar pukul 11.00 Waktu Arab Saudi.

Subhan menjelaskan bahwa Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) telah lebih dahulu tiba di Arafah untuk memastikan seluruh sarana prasarana siap digunakan jemaah, mulai dari tenda, kasur, pendingin udara, dapur, hingga toilet beserta airnya.

“PPIH juga telah menyiapkan konsumsi bagi jemaah setibanya di Arafah,” sebut Subhan.

Baca Juga : Adab Menyembelih Hewan Kurban: Praktik yang Sesuai Syariat

Subhan mengimbau agar jemaah memanfaatkan waktu di Arafah untuk memperbanyak zikir dan bermunajat.

“Haji adalah wukuf di Arafah. Ini adalah momen yang ditunggu jemaah sejak puluhan tahun mendaftar haji. Kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh jemaah untuk berzikir, mendekatkan diri kepada Allah, dan bermunajat,” pesan Subhan. (*)