Timnas Indonesia Bermain Imbang Lawan Tanzania Jelang Hadapi Irak dan Filipina 

Pemain Timnas Indonesia Regnaan Oratmangun saat menggiring bola dikawal pemain Timnas Tanzania
Pemain Timnas Indonesia Regnaan Oratmangun saat menggiring bola dikawal pemain Timnas Tanzania

 

Kopasnews.com – Tim nasional Indonesia bermain imbang menghadapi Tanzania dalam pertandingan uji coba yang berlangsung pada Minggu (2/6) di Stadion Madya Senayan, Jakarta, pukul 16.00 WIB.

Banyak peluang yang tercipta, namun skuad Garuda tidak mampu mengkonversinya menjadi gol. Termasuk tim tamu, juga sulit mencetak gol ke gawang Ernando Ari. Mulai dari babak pertama hingga ke babak kedua. Skor 0-0 hasil akhir laga persahabatan itu.

Pertandingan ini menjadi momen penting bagi pelatih kepala Shin Tae-yong dan kapten tim, Asnawi Mangkualam, untuk mengevaluasi performa dan kondisi fisik para pemain.

Shin Tae-yong menegaskan bahwa fokus utama dalam pertandingan ini bukan pada hasil, melainkan pada peningkatan performa dan daya tahan fisik para pemain.

Peningkatan performa dalam training match ini sebagai uji coba fisik para pemain supaya bisa bermain lawan Irak dengan 90 menit penuh daripada melihat hasil saat ini.

Pelatih asal Korea Selatan itu telah melihat langsung kondisi para pemain seperti apa, dan tidak akan fokus sama sekali terhadap hasil uji coba internasional ini.

Kapten Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam mengatakan pertandingan ini sangat penting sebagai persiapan menuju Kualifikasi Piala Dunia. Salah satu upaya untuk mematangkan persiapan Timnas di Kualifikasi Piala Dunia nanti dan tentunya di tanggal 6 dan 11 itu pertandingan penting buat Indonesia untuk bisa melaju ke ronde berikutnya.

Syarat melaju ke babak berikutnya, minimal menang satu kali pertandingan dari dua laga yang akan di jalani Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) menghadapi Irak dan Filipina nantinya.

Baca Juga : Ini Dia 5 Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Dunia U-20 Hasil Blusukan Indra Sjafri di Belanda

Asnawi juga menyampaikan bahwa meskipun beberapa pemain belum bergabung, tim yang ada saat ini sudah mempersiapkan diri dengan baik.

“Memang ada beberapa pemain yang belum hadir, tetapi semua pemain yang hadir di beberapa hari ini sudah mempersiapkan dan dalam kondisi yang baik.

Dalam uji coba ini, fokus utama tim adalah memperbaiki kondisi fisik dan memastikan tidak ada pemain yang cedera, dengan tujuan utama menghadapi pertandingan penting pada tanggal 6 dan 11 mendatang.

“Kita memang cuma fokus ke tim kita saat ini, lebih fokus memperbaiki kondisi seluruh pemain agar terhindar dari cedera juga memang fokusnya buat tanggal 6,” bebernya.

Pertandingan ini dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai kesiapan tim nasional Indonesia dalam menghadapi tantangan yang lebih besar di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. (fah)