Bahas Dana BKK, Menteri Agama Diboyong ke Solsel Untuk Pembukaan MTQ Nasional XL Tingkat Sumbar

Bupati Solok Selatan Khairunas membahas dana BKK Pembiayaan MTQ tingkat Sumbar di Solsel bersama Gubernur Mahyeldi di Padang
Bupati Solok Selatan Khairunas membahas dana BKK Pembiayaan MTQ tingkat Sumbar di Solsel bersama Gubernur Mahyeldi di Padang

Padang, kopasnews.com – Pemkab Solok Selatan mendesak Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) untuk penerbitan peraturan gubernur terkait Bantuan Keuangan Khusus (BKK), guna membiayai pelaksanaan kegiatan MTQ Nasional ke-XL Tingkat Provinsi Sumbar yang akan berlangsung di Solok Selatan pada akhir November 2023.

“Pencairan anggaran BKK tersebut sangat mendesak mengingat waktu terus berjalan. Nah, proses tendernya butuh waktu 45 hari. Sebab itu kita desak Pemprov untuk percepatan penerbitan Pergub BKK untuk membiaya MTQ Nasional tersebut. Karena kami terpilih sebagai tuan rumah dan ini perdana sejak Solsel berdiri,” kata Bupati Solok Selatan Khairunas, Rabu (13/9) di Padang.

Sebab itu koordinasi yang intens dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat harus dijalin dengan baik, sehingga perhelatan akbar MTQ Nasional ke-XL Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Solok Selatan bisa berlangsung dengan sukses.

Baca Juga : KAN Sungai Kunyit Punya Keistimewaan Dari KAN Lainnya

“Waktu pelaksanaan sudah semakin dekat. Sekarang sudah mau pertengahan September, kegiatan Akbar ini akan berlangsung di November,” bebernya.

Sebab itu Pemkab katanya membicarakan kesiapan anggaran BBK, agar MTQ tersebut betul-betul sukses.

“Sukses kami, juga berdampak terhadap nama baik Provinsi Sumbar,” tuturnya.

Hadirkan Menteri Agama

Pemkab sebut Bupati juga berencana untuk memboyong Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam perhelatan MTQ ini ke Solok Selatan.

“MTQ Nasional ini merupakan sebuah ajang yang apabila sukses dilaksanakan, tentu akan mengharumkan nama Provinsi Sumatera Barat dan Kabupaten Solok Selatan khususnya,” imbuhnya.

Baca Juga : Ratusan Masyarakat Perbatasan Sumbar dan Jambi Terima Layanan KB-KR Khusus Dari BKKBN

Pemkab juga direncanakan untuk melakukan pertemuan dengan Kementerian Agama untuk melakukan pembahasan pelaksanaan MTQ ini secara langsung.

Pertemuan dengan Menteri Agama tersebut telah diagendakan akan dilaksanakan di Jakarta pada Kamis (14/9/2023).

“Besok Kamis kita akan melakukan pertemuan dengan Menteri Agama RI, kita berharap beliau hadir saat pembukaan MTQ Nasional ke XL di Solok Selatan. Sebab hari ini Rabu, kita sudah bertemu Pemprov Sumbar soal dana BKK Pembiayaan MTQ tersebut,” terangnya. (Adi)