Malaysia Menundukan UEA 3-2, Hentikan Indonesia Lolos Otomatis ke Piala Asia 2023

Timnas Malaysia tekuk UEA 3-2 dan laga terakhir akan menghadapi Indonesia di Stadion Pakan Sari, Minggu (9/10)
Timnas Malaysia tekuk UEA 3-2 dan laga terakhir akan menghadapi Indonesia di Stadion Pakan Sari, Minggu (9/10)

Jakarta, kopasnews.com – Malaysia menundukan Uni Emirat Arab (UEA) dengan skor tipis 3-2 pada pertandingan Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jumat (7/10) sore.

Kemenangan Malaysia membuat Timnas UEA gagal tembus Piala Asia dan mempengaruhi Timnas Indonesia lolos secara otomatis ke Piala Asia 2023 meskipun mampu mengalahkan timnas Palestina malam ini.

Gol Malaysia masing-masing dicetak oleh Muhammad Arami Wafiy menit 46, Muhammad Anjasmirza menit 51, dan Muhamad Farish Danish menit 97. Gol diciptakan UEA melalui Saeed Amer Mohammad penalti menit 77 dan Abdulaziz Almarzooqi menit 85.

Hasil akhir diraih tim Harimau Malaya menghentikan timnas UEA lolos ke putaran Piala Asia yang hanya mengemas 6 poin dari 4 laga. Sedangkan Indonesia dari dua laga berhasil mengumpul poin 6, namun tidak bisa lagi dikejar UEA.

Sementara kemenangan Malaysia atas UEA, dari tiga laga yang sudah dijalaninya meraup 7 poin dan menggeser Indonesia U17 di Puncak Klasemen Sementara.

Baca juga :Timnas U17 Indonesia Tumbangkan UEA 3-2 Pada Laga Kedua

Hitung-hitungan jika Indonesia memenangi pertandingan melawan Palestina, belum cukup untuk Indonesia lolos secara otomatis ke Piala Asia 2023. Karena terganjal kemenangan Malaysia vs UEA.

Satu gol tercipta di babak pertama membawa keunggulan Malaysia atas UEA melalui sontekan Armi Wafiy langsung menjebol gawang UEA pada menit ke 46. Skor 1-0 tersebut bertahan hingga babak pertama berakhir.

Sementara di babak kedua kedua tim mencetak empat gol, dua gol diciptakan pemain Malaysia melalui Anjasmirza pada menit ke-51 dan gol ketiga lewat Faris Danish di menit ke-93.

Sementara UEA U-17 mampu mencetak dua gol lewat Saeed Amer Mohammad pada menit ke-76 dan Abdulaziz Mohamed Almarzooqi di menit ke-84.

Tambahan tiga poin ini membuat tim Malaysia naik ke posisi puncak klasemen sementara Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 menggeser Uni Emirat Arab (UEA) U-17 dan Indonesia ke posisi kedua klasemen.

Kemenangan ini sekaligus membuka peluang Malaysia untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023.

Di kutip dari CNN Indonesia, hasil ini juga mempengaruhi nasib Indonesia. Pasalnya, jika Indonesia menang atas Palestina pada laga malam nanti, hasil tersebut belum cukup mengamankan tim asuhan Bima Sakti itu untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023.

Melainkan Indonesia harus bertempur habis-habis lebih dulu melawan Malaysia di laga terakhir Grup B yang akan berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Minggu (9/10).

Sementara ini Malaysia memuncaki klasemen Grup B dengan torehan tujuh poin dari tiga pertandingan yang dilakoni. Sedangkan Indonesia berada di posisi kedua Grup B dengan mengemas enam poin dari dua pertandingan

Susunan Pemain Malaysia vs UEA di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 :

Malaysia U-17: Muhammad Farish; M Aiman, M Faris, Adib Ibrahim, M Danish, Nainurhakim; Afiq D, A. Danish, Iskandar; Wafiy

UEA U-17: Hamdan; Rashid Saif, Saeed, Hussain, Ahmed Katta; Abdalla, Aldarmaki; Ghaith, Jumah, Alsuwaidi, Waleed.

(fah/*).