Widya Navies Terpilih Sebagai Ketua PWI Sumatera Barat 2024-2029

Proses akan di mulainya pemilihan Ketua PWI Sumbar dalam KLB di Auditorium Gubernuran di Padang (22/5)
Proses akan di mulainya pemilihan Ketua PWI Sumbar dalam KLB di Auditorium Gubernuran di Padang (22/5)

Kopasnews.com – Widya Navies resmi terpilih sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Barat untuk periode 2024-2029 setelah meraih suara terbanyak dalam Konferensi Luar Biasa (KLB) yang berlangsung pada Rabu, 22 Mei 2024, di Auditorium Gubernuran Padang. Pemilihan berlangsung dalam suasana aman, damai, dan demokratis.

KLB tersebut dihadiri oleh 284 pemilih dari 300 Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ditetapkan oleh PWI Pusat. Hasil penghitungan suara menunjukkan Widya Navies meraih kemenangan telak dengan 174 suara. Kandidat lain, Adrian Tuswandi alias Toaik, memperoleh 5 suara, Almudazir 3 suara, dan Heranof Firdaus 102 suara.

Dalam pemilihan untuk posisi Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP), Zul Effendi berhasil menyamai perolehan suara Widya Navies dengan 174 suara, sementara Eko Yanche Edrie meraih 110 suara dari 284 suara sah.

Baca Juga : Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah Resmi Membuka Konferensi Luar Biasa PWI Sumbar

“Selamat untuk Ketua PWI Sumbar terpilih,” ujar Amiruddin, Pimpinan Sidang KLB, setelah penghitungan suara selesai.

KLB ini dibuka oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah yang menegaskan peran penting wartawan dalam demokrasi. “Wartawan adalah bagian penting dalam berdemokrasi. Untuk itu, saya berharap KLB dapat berjalan dengan lancar sebagaimana diharapkan,” kata Mahyeldi. Ia juga mengimbau PWI untuk terus menjaga kekompakan dan kerjasama dalam setiap aktivitas organisasi.

Ketua Panitia Pelaksana KLB, Sawir Pribadi, menjelaskan bahwa KLB ini diadakan berdasarkan arahan dari PWI Pusat, yang juga menetapkan DPT sebanyak 300 pemilih. Dari tujuh bakal calon yang diusulkan untuk posisi Ketua PWI dan Ketua DKP Sumatera Barat, enam calon lolos verifikasi PWI Pusat.

“Satu orang dinyatakan belum lolos verifikasi. Dari enam orang calon tersebut, lima bersaing untuk posisi Ketua PWI Sumbar dan dua untuk Ketua DKP,” terang Sawir.

Baca Juga : Ribuan Undangan Hadir Saat Ketua PWI Solsel Baralek Gadang

Sawir juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat serta berbagai pihak yang mendukung terselenggaranya KLB, termasuk Dinas Kominfotik Sumbar, Biro Adpim, dan Biro Umum Setdaprov Sumbar.

“Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini,” ucapnya. Tak lupa, ia memberikan penghargaan kepada panitia yang bekerja keras mempersiapkan KLB ini.

Dengan kepemimpinan baru ini, diharapkan PWI Sumatera Barat semakin solid dan dapat berkontribusi lebih dalam mendukung demokrasi serta kemajuan daerah. (adi)