Presiden Jokowi Saksikan Pelantikan Suharto sebagai Wakil Ketua MA Bidang Non-Yudisial dan LPSK

Presiden Jokowi Saksikan Pengucapan Sumpah Suharto sebagai Wakil Ketua MA Bidang Non-Yudisial
Presiden Jokowi Saksikan Pengucapan Sumpah Suharto sebagai Wakil Ketua MA Bidang Non-Yudisial

Kopasnews.com – Presiden Joko Widodo secara resmi menyaksikan pengucapan sumpah Suharto sebagai Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) Bidang Non-Yudisial di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/5/2024).

 

Acara pengucapan sumpah ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 54/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dengan Hormat Ketua Muda Pidana Mahkamah Agung dan Pengangkatan Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non-Yudisial.

Setelah Suharto mengucapkan sumpah jabatannya untuk memenuhi kewajiban Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non-Yudisial dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta berbakti kepada nusa dan bangsa.

Baca Juga : Presiden Pastikan Ketersediaan Stabilitas Pangan Nasional di Pergudangan Bulog

Acara diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden Jokowi, yang kemudian diikuti oleh para tamu undangan terbatas yang hadir.

Presiden Jokowi Saksikan Pelantikan Anggota LPSK Masa Jabatan 2024-2029

Selain menghadiri pengucapan sumpah Suharto, Presiden Joko Widodo juga menyaksikan pelantikan anggota Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) untuk masa jabatan 2024-2029 di Istana Negara, pada hari yang sama.

Pelantikan ini didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 52/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban.

Baca Juga : Kunjungan Wisatawan Korea Selatan ke Indonesia Tembus 347.185 Jiwa

Ketujuh anggota LPSK yang mengucapkan sumpah di hadapan Presiden Jokowi adalah Antonius Prijadi Soesilo Wibowo, Sri Suparyati, Susilaningtias, Wawan Fahrudin, Mahyudin, Achmadi, dan Sri Nurherwati. Setelah mengucapkan sumpah, setiap anggota menandatangani berita acara pelantikan di hadapan Kepala Negara.

Acara ini diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden Jokowi yang diikuti oleh para undangan yang hadir. (*/fah)