Pencapaian Bersejarah Bagi Indonesia Lolos Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia

Presiden RI Joko Widodo ikut menyaksikan pertandingan Indonesia vs Filipina. Skuad Garuda lolos Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia. Foto Sapres/Vico
Presiden RI Joko Widodo ikut menyaksikan pertandingan Indonesia vs Filipina. Skuad Garuda lolos Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia. Foto Sapres/Vico

Kopasnews.com – Tim nasional sepak bola Indonesia berhasil melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah meraih kemenangan 2-0 atas Filipina.

Pertandingan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Selasa malam tersebut turut disaksikan oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana.

Kemenangan ini disambut dengan sukacita oleh masyarakat Indonesia dan menandai pencapaian bersejarah dalam dunia sepak bola nasional.

“Saya kira seluruh masyarakat pecinta sepak bola senang semua karena kita lolos dan bisa masuk ke ronde 3 kualifikasi di sistem FIFA yang baru. Ini adalah sebuah sejarah dan kita dengan sistem baru ini kita pertama kali masuk,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangannya selepas pertandingan.

Tidak hanya memastikan tempat di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, hasil ini juga membawa Tim Garuda ke putaran final Piala Asia 2027. Presiden Jokowi menyampaikan rasa syukurnya atas capaian tersebut dan memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh pemain dan tim pelatih yang dipimpin oleh Shin Tae-yong.

Baca Juga : Menang 2-0 Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Semuanya kita syukuri, yang lolos bisa masuk ke level yang lebih tinggi kita syukuri. Tapi saya melihat kerja keras usaha keras dari para pemain tadi luar biasa,” tambahnya.

Dalam pertandingan tersebut, gol Indonesia dicetak oleh Thom Haye pada menit ke-32 dan Rizky Ridho pada menit ke-55. Kemenangan ini memastikan Indonesia berada di posisi kedua klasemen Grup F babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan perolehan 10 poin dari enam pertandingan.

Poin tersebut tidak mungkin dikejar oleh Vietnam yang saat ini mengumpulkan 6 poin dan akan menghadapi pertandingan terakhirnya melawan Irak pada 12 Juni 2024. Sebelumnya, Irak telah memastikan diri lolos setelah memuncaki klasemen Grup F.

Pada babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, sebanyak 18 negara yang lolos akan dibagi ke dalam tiga grup, masing-masing terdiri dari enam tim. Dua tim teratas dari masing-masing grup akan langsung lolos ke putaran final Piala Dunia 2026, sementara peringkat 3 dan 4 akan mengikuti putaran keempat kualifikasi untuk memperebutkan dua tiket langsung yang tersisa. (fah)