Tim Ekspedisi Bersihkan Material Kayu Besar dan Kecil di Hulu Sungai Batang Sigarunggung Tanah Datar

tim ekspedisi Sungai Batang Sigarunggung di Indojolito, Kabupaten Tanah Datar berangkat menuju titik pembersihan melewati persawahan masyarakat sebelum menempuh hutan Sabtu (1/6)
tim ekspedisi Sungai Batang Sigarunggung di Indojolito, Kabupaten Tanah Datar berangkat menuju titik pembersihan melewati persawahan masyarakat sebelum menempuh hutan Sabtu (1/6)

 

Kopasnews.com – Bupati Tanah Datar, Eka Putra, memberikan arahan kepada tim ekspedisi Sungai Batang Sigarunggung di Indojolito, Kabupaten Tanah Datar, agar selalu menjaga keselamatan dan saling mengenal dalam menjalankan misi kemanusiaan di hutan.

Dalam briefing di posko Talang Tangah, Bupati Eka Putra menekankan pentingnya kerja sama dan pengenalan antar anggota tim sebelum melepas mereka menuju lokasi-lokasi berpotensi bisa memicu banjir susulan. Terdiri dari TNI-Polri, Marinir Padang, dan tim Pemkab Tanah Datar.

“Saya ingatkan kembali, setiap regu harus bisa saling bekerjasama dan mengutamakan keselamatan. Dan harus mengenali semua anggotanya, dan semua anggota harus saling mengenal. Ingat, kita akan memasuki hutan jadi jangan sampai ada penyusup yang masuk ke dalam regu masing-masing, itu gunanya kita saling mengenal,” ujar Bupati Eka Putra pada Sabtu (1/6/2024).

Bupati juga mengucapkan terima kasih dan mendoakan keselamatan serta kelancaran seluruh tim dalam menjalankan ekspedisi ini. “Sekali lagi tolong utamakan keselamatan dalam mengemban misi dan tugas kemanusiaan ini. InsyaAllah hasil dari ini semua menjadi amal ibadah bagi kita semuanya. Saya mendoakan, semoga bapak-bapak lancar dalam menjalankan tugas ini,” tambahnya.

Tim turun membawa peralatan pemotong pohon dan sebagainya untuk pembersihan material yang dapat memicu banjir susulan jika tidak dilakukan upacara preventif oleh Pemkab Tanah Datar.

Baca Juga : Keindahan Tersembunyi Danau Tuo di Ujung Ladang, Nagari Koto Sani, Solok

Baca Juga : 39 PKD Dilantik Pahami dan Cermati Setiap Temuan Dilapangan

Selain itu, Bupati Eka Putra mengingatkan masyarakat Tanah Datar, terutama yang tinggal di sepanjang bantaran sungai, untuk selalu waspada terhadap kondisi cuaca dan memperhatikan debit air selama musim hujan. Kesadaran dan kewaspadaan penting mengingat bencana dapat terjadi kapan saja tanpa peringatan.

Bahkan, Bupati Eka Putra bersama Dandim 0307 TD Letkol Inf Agus Priyo Pujo Sumedi, Kabag Ops Polres Tanah Datar, dan Pasi Ops Yon Marinir Padang juga turun langsung ke titik-titik target pembersihan oleh tim ekspedisi Sungai Batang Sigarunggung pada Sabtu (1/6/2024).

Bupati memantau banyak pohon-pohon pasca banjir bandang kemarin yang berserakan yang meski harus di potong dan dibersihkan. Hal ini dalam upaya mencegah risiko susulan bencana alam di Tanah Datar. (akm)