Solsel Raih Opini WTP 8 Kali Berturut-turut

Bupati Solok Selatan Khairunas raih WTP 8 kalo berturut-turut
Bupati Solok Selatan Khairunas raih WTP 8 kalo berturut-turut dari BPK RI perwakilan Sumatera Barat

 

 

Kopasnews.com – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan kembali menerima predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2023.

LHP ini diterima langsung Bupati Solok Selatan H Khairunas bersama Ketua DPRD, Zigo Rolanda beserta OPD terkait di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Barat di Padang.

Bupati H Khairunas dalam pertemuan ini mengatakan penyusunan laporan keuangan tahun anggaran 2023 adalah wujud pertanggungjawaban pengelolaan keuangan daerah dan tindak lanjut dari amanat Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

“Kami selaku Kepala Daerah melalui laporan keuangan ini juga dapat melihat kondisi kesehatan keuangan, memonitor kinerja, dan yang paling penting adalah untuk mengevaluasi kinerja manajerial organisasi perangkat daerah,” kata Khairunas di Padang, Rabu (08/05/2024).

Dia juga menegaskan bahwa opini WTP yang didapatkan hendaknya selaras dengan manfaat yang menyentuh langsung kepada masyarakat.

“Ini adalah komitmen kami sebagai Bupati,” tegasnya.

Namun, lanjut Khairunas, rekomendasi yang diberikan oleh tim BPK akan segera ditindak lanjuti dan menjadi bahan evaluasi dalam mengambil kebijakan agar pengelolaan keuangan lebih baik. Dan juga mengharapkan pembinaan dan bimbingan tim BPK Sumbar.

Baca Juga : Sutan Riska Satu-satunya Wakil Pulau Sumatera Raih Penghargaan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah

Ketua DPRD, Zigo Rolanda juga mengucapkan terima kasih kepada BPK Perwakilan Sumbar. Juga pembinaan tim BPK demi perbaikan dan kebaikan Solok Selatan dimasa datang.

Kepala BPK Perwakilan Sumbar, Arif Agus, S.E., M.M., Ak., CPA., CSFA mengatakan agar pelaksanaan dan pengawasan lebih ditingkatkan lagi oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Solok Selatan.

Kepala BPKD Solsel, Marfiandika Arief mengatakan opini WTP yang diperoleh tahun ini adalah yang ke-8 kalinya berturut-turut.

Lebih lanjut menurutnya, opini WTP adalah salah satu indikator bahwa pengelolaan keuangan di Solok Selatan telah di laksanakan sesuai regulasi.

“Kedepan perlu peningkatan kinerja dalam pengelolaan keuangan yang terintegrasi dan berkelanjutan demi mewujudkan masayarakat Solok Selatan yg maju dan sejahtera,” pungkasnya. (adi)