PT SEML Bangun Jiwa Entrepreneur Bisnis Kelompok Remaja Masjid

PT SEML menyerahkan dana pembinaan kepada remaja masjid yang dibina menjadi jiwa enterpreneur bisnis di Pekonina, Kecamatan Pauh Duo, Solok Selatan
PT SEML menyerahkan dana pembinaan kepada remaja masjid yang dibina menjadi jiwa enterpreneur bisnis di Pekonina, Kecamatan Pauh Duo, Solok Selatan

Kopasnews.com – PT Supreme Energy Muara Labuh (SEML) menggelar program pemberdayaan berbasis masjid di Kabupaten Solok Selatan. Tujuannya untuk membangun jiwa bisnis (Entrepreneur) dikalangan remaja masjid pada bulan Ramadhan 1445 hijriah 2024 Masehi ini.

Hal ini diungkapkan oleh Site Support Manager PT SEML Erwin Patrisa Floris, Kamis (4/4/2024) kepada media.

Dia menyebut program ini diluncurkan sudah tahun ke tiga, beberapa sesi kegiatan dilakukan. Di mulai dengan training entrepreneur, penyerahan modal usaha, pengadaan bazar sembako dan kebutuhan lebaran oleh remaja masjid, dan disaat Hari Raya Idul Fitri modal usaha tersebut diserahkan kepada pengurus masjid untuk pembangunan.

Baca Juga : Polisi Kantongi Ciri-Ciri Pelaku Curanmor, Wabup Solsel Ikut Jadi Korban

“Untuk profit usahanya bisa digunakan oleh organisasi remaja masjid setempat, dengan demikian kita akan dapat multiplayer manfaat dalam satu kegiatan tersebut,” ujarnya.

“Kegiatan Ramadhan Mubarak ini berorientasi kepada Apresiasi Perusahaan kepada kelompok-kelompok yang sudah berhasil di dua tahun sebelumnya, tahun ini PT Supreme Energy memberikan dana pembinaan sebesar Rp7,5 juta setiap Masjid yang di jangkau program pemberdayaan berbasis masjid ini,” jelasnya.

Humas PT SEML M Roza menambahkan, tahun ini ada 5 kelompok remaja masjid yang dapat penghargaan dari PT SEML yakni Remaja Masjid Aljihad Pekonina, Masjid Liki Atas, Masjid Baiturahim Pinang Awan, serta dua titik yang baru yakni Remaja Masjid Raya Kapau dan Luak Kapau di Kecamatan Pauh Duo.

Sementara itu, Pimpinan rombongan Ramadhan Mubarak PT SEML Bujang Joan Dt Maninjun, mengapresiasi kegiatan remaja masjid yang berhasil menggunakan dana pembinaan dua tahun sebelumnya.

Dana tersebut dimanfaatkan untuk pinjaman bergulir tanpa bunga untuk usaha kecil jamaah masjid, bahkan kegiatan ini mendapat dukungan juga dari perantau, sehingga modal usahanya dari tahun- ketahun terus bertambah.

Bujang Joan menyebut bahwa begitu pentingnya membangun system ekonomi berbasiskan masjid ini, untuk menghadapi serangan pinjaman online dan lainnya yang berbunga dan berpotensi riba dan kemerosotan ekonomi umat.

Baca Juga : Presiden Jokowi: Harga Bahan Pokok di Pasar Rakyat Merangin Jambi Stabil

“Kita harap Masjid tidak bertumpu pada fisik belaka, tapi sistem ekonomi dan pembinaan umat terutama generasi muda harus juga perlu pembinaan,” jelasnya.

Terpisah, Pengurus Masjid Baiturahim Pinang Awan, berterima kasih atas perhatian PT SEML yang tidak putus-putusnya terhadap pembangunan masjid, bahkan malam ini juga mengadakan buka bersama serta pemberian santunan  kepada 88 santri dan guru di Pondok Quran Baitul Ummah Pinang Awan. (adi)