Tuan Rumah Finish di Posisi 4 Besar MTQN XL Sumbar 2023, Kado Ultah ke -20

Kafilah MTQN Solok Selatan terlihat santai saat mendengarkan pengumuman hasil akhir MTQN XL Sumbar di GOR Rimbo Tangah
Kafilah MTQN Solok Selatan terlihat santai saat mendengarkan pengumuman hasil akhir MTQN XL Sumbar di GOR Rimbo Tangah

Solsel, kopasnews.com – Kabupaten Solok Selatan untuk pertama kalinya dalam sejarah, sukses jadi Tuan Rumah Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke 40 Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2023, dan sukses menempati posisi 4 besar sejak mekar dari Kabupaten Solok.

Kabupaten 50 Kota meraih Juara Umum pada iven akbar yang ditutup oleh Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy yang juga Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Sumbar di GOR Rimbo Tangah, Kecamatan Sangir, Minggu (17/12/2023) malam.

Bupati Solok Selatan Khairunas didampingi Wabup Yulian Efi terharu dan bangga atas capaian prestasi yang di raih oleh Kafilah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) pada tahun ini. Pertama kali di percaya sebagai tuan rumah, Solsel sukses dalam penyelenggaraan MTQ Sumbar ini.

Bahkan posisi 4 besar di raih Solsel, sebagai Kado Istimewa untuk Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Solok Selatan ke 20 (7 Januari 2004 -7 Januari 2023).

Baca Juga : Dua Kali Juara 2, Androy Mustafa Bertekad Rebut Juara 1 di MTQN ke 40

Pada MTQ sebelumnya, hanya bertengger di peringkat 16 besar. Sekarang tembus 4 besar di Sumbar pada 13 Cabang MTQ yang diperlombakan.

Hasil ini, menandakan Putra Putri daerah Solsel sudah menunjukan perkembangan yang baik, tren positif di dapatkan di urutan ke 4. Tak lepas dari perjuangan dan kecintaan kafilah kepada Kabupaten Solsel, semoga saja kafilah kita berprestasi di Nasional pada ajang yang sama. Selain prestasi, Solsel juga sukses menggelar MTQN XL dengan baik di tahun 2023 ini.

Bupati berterima kasih kepada seluruh panitia, Dewan Hakim, MC, Tim Teknis, masyarakat Solsel, serta pihak yang terlibat langsung dalam mensukseskan MTQN XL di Solok Selatan.

Bupati Khairunas juga mengucapkan selamat kepada seluruh kafilah Kabupaten/Kota se Sumbar yang telah berprestasi, khusunya kepada Kafilah Solsel yang telah membawa nama baik Solsel dan membanggakan masyarakat Solsel atas capaian 4 besar ini.

Bagi yang belum berprestasi jangan menyerah dan jadikan pengalaman berharga. Menurutnya, hakikat dari MTQ tidak ada kegagalan, tapi hanya ada kesuksesan yang tertunda. Walau tahun ini belum bisa juara, mana tau di tahun depan tampil membanggakan daerah.

Kesuksesan MTQ dan hasil yang di raih oleh Kafilah Solsel, berkat dukungan semua pihak.

“Bisa finish di 4 besar ini tidak mudah. Mereka bersaing dengan kafilah terbaik utusan Kabupaten Kota di Sumbar. Terima kasih dan semoga kedepan kita lebih baik lagi,” pinta Khairunas.

Tuan rumah tidak kenal waktu bekerja. Kepada seluruh kafilah dan dunsanak kami yang hadir di seluruh kabupaten/kota sebut Bupati, kalau ada kekurangan pelayanan Pemkab Solok Selatan beserta jajaran panitia kami mohon maaf sebesar-besarnya. Karena kekurangan itu, adalah sesuatu hal yang tidak disengaja.

Baca Juga : 3 Pesan Ustadz UAS Saat Tabligh Akbar di Solsel

MTQ ini wahana pemacu semangat tilawah, dan implementasinya bukan sebatas seremonial belaka. Tapi lebih memaknai Al-Qur’an itu kepada seluruh masyarakat, pegawai dan pejabat daerah. Seperti pesan dari Ustadz Abdul Somad (UAS) saat Tabligh Akbar Sabtu (16/12) malam di GOR Rimbo Tangah.

Biasakan diri membaca Alqur’an, memperbaiki bacaan, meningkatkan hafalan dan lainnya. Begitu juga para kafilah kedepannya, perlu juga peningkatan pembinaannya.

“Selamat bagi kafilah yang sudah berprestasi, selamat bagi tamu kami atas partisipasinya serta selamat di Kabupaten Kota tujuan masing-masing,” ucapnya. (adi)