Pancasila Pemersatu Bangsa Indonesia

Pemerintah Kota Pariaman melaksanakan Upacara Hari Lahirnya Pancasila di Halaman Kantor Pemko Pariaman Sabtu (1/6)
Pemerintah Kota Pariaman melaksanakan Upacara Hari Lahirnya Pancasila di Halaman Kantor Pemko Pariaman Sabtu (1/6)

Kopasnews.com – Setiap elemen bangsa Indonesia harus bersinergi dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Dengan memperingati Hari Lahir Pancasila, diharapkan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” dapat benar-benar terwujud dalam negara demokrasi ini.

“Kita semua tahu bahwa Pancasila telah menyatukan berbagai perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat,” ungkap Penjabat (Pj) Wali Kota Pariaman, Roberia, saat membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI dalam upacara Hari Lahir Pancasila 2024 di Halaman Balaikota Pariaman, Sabtu (1/6).

Roberia menyatakan bahwa keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa bagi bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

Baca Juga : 39 PKD Dilantik Pahami dan Cermati Setiap Temuan Dilapangan

Sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi berbagai tantangan dan ujian sejarah, sehingga hingga saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

Sedangkan sebagai leitstar dinamis, Pancasila adalah bintang penuntun yang membawa Indonesia menuju gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi saat ini.

Upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila ini diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Nagara (ASN) dilingkungan Pemerintah Kota Pariaman. (zik)