Givan Yulindo Jabat Ketua Umum HIPMI Solok Selatan

Sekretaris Umum HIPMI Sumatera Barat Muhammad Dani pelantikan pengurus HIPMI Solok Selatan di hotel pesona alam Sangir, Kamis (9/5)
Sekretaris Umum HIPMI Sumatera Barat Muhammad Dani pelantikan pengurus HIPMI Solok Selatan di hotel pesona alam Sangir, Kamis (9/5)

Kopasnews.com – Givan Yulindo dilantik sebagai Ketua Umum BPC Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Solok Selatan periode 2024-2026 bersama pengurus lainnya oleh Sekretaris Umum HIPMI Sumatera Barat Muhammad Dani Hariyona, Kamis (9/5/2024) di Hotel Pesona Alam Sangir.

Ia menggantikan jabatan Ketua Umum sebelumnya Muhammad Iqbal Chissa. Dan terpilih sebagai Ketum melalui Musyawarah Cabang (Muscab) ke V HIPMI Solsel.

Givan Yulindo usai pelantikan mengatakan, pihaknya tidak akan menyia-nyiakan amanah yang diberikan. Dia meminta pengurus yang sudah dilantik mari bekerja sama dengan baik dan sejalan menjalankan program kedepannya bersama Sekretaris Umum Alvendo Okta dan Bendahara Umum Emi Susnawati dan pengurus lainnya.

Dia menyebut tanpa dorongan dari semua pengurus dan BPBD HIPMI Sumbar,  mungkin amanat ini tidak bisa berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan bersama. Dia berjanji BPC HIPMI Solsel harus lebih bermanfaat bagi masyarakat luas dan tidak monoton.

“Saya akan lebih aktif dalam menjalankan amanah ini dan program HIPMI Solsel kedepan harus lebih bermanfaat kedepannya banyak banyak orang. Terutama bagi para calon pengusaha muda daerah,” ujar Givan Yulindo.

Baca Juga : Putra Daerah Solsel Jabat Komandan Pusat Latihan Pertempuran Marinir

Baca Juga : Tranformasi Pendidikan Bukanlah Hal Yang Mudah 

Ketua OC Alvendo Okta menyampaikan, pembukaan pendaftaran Calon Ketua Umum HIPMI Solsel semua terlaksana berkat kerjasama semua panitia dan dukungan HIMPI dibawah Kepemimpinan Iqbal Chissa.

“Alhamdulillah Ketua Umum periode 2024-2026 sudah terpilih dan sudah dilantik hari ini. Semua berkat kerjasama panitia dalam mensukseskan Muscab HIPMI Solsel ke V ini,” jelasnya.

Sekretaris Umum HIMPI Solsel itu mengatakan, akan melaksanakan Rakercab yang akan dilaksanakan dalam Minggu ini.

Ketua Umum HIPMI Solok Selatan Iqbal Chissa menuturkan, ini hari terakhir ia menjabat Ketum Calon Pengurus BPC HIPMI yang baru.

Kader HIMPI tidak hanya jadi pengusaha, bahkan pada kontestasi Pemilihan Legislatif (Pileg) kemarin, Alhamdulilah di BPC Solok Selatan selalu mengirimkan kader terbaik. Ke lima kader tersebut seluruhnya terpilih sebagai Anggota DPRD Solok Selatan, DPRD Provinsi Sumbar dan DPR RI.

“Pesan saya, jangan dijadikan HIPMI sebagai alat politik, tapi banyak pelajaran yang akan dijadikan pendorong jiwa kewirausahaan. Pengurus yang baru semoga melahirkan kader HIPMI terbaik kedepan akan menjadi pemimpin bangsa baik tingkat Kabupaten, Provinsi maupun nasional,” pesannya.

“Saya minta maaf kepada seluruh pengurus dan anggota termasuk instansi lainnya yang selama ini bekerjasama dengan baik dengan saya. Jika ada salah dan khilaf selama pengabdian,” paparnya.

Baca Juga : Babak Play Off Penentuan Nasib Timnas U-23 Menuju Olimpiade Paris

Sementara, Sekretaris Umum BPBD HIPMI Sumatera Barat Muhammad Dani Hariyona menyampaikan permohonan maaf Ketum HIMPI Sumbar yang tidak bisa hadir karena ada urusan penting ke Jakarta.

Dia juga berpesan kepada Ketum terpilih  harus bisa menerima dengan baik masukan anggotanya.

Alhamdulillah katanya hari ini sudah selesai pelantikannya.

“BPC HIPMI Solsel yang sanggup melakukan pemilihan dan sekaligus pelaksanaan pelantikan. Daerah lainnya tidak sanggup, ini sesuatu hal yang luar biasa. Selamat bagi pengurus terpilih dan yang dilantik hari ini,” ujarnya.

Saya juga akan maju sebagai Calon Ketum HIPMI Sumatera Barat dan butuh dukungan dari HIPMI Solok Selatan dan daerah lainnya.

Aturan yang dibuat senior jabatan Ketum HIPMI hanya diperbolehkan satu periode. Tujuannya semua kader memiliki kesempatan jadi Ketum, serta memiliki kesempatan yang sama, jaringan, memperluas usaha, menggunakan jalur dan relasi dari HIPMI itu sendiri.

“Masih ada 8 BPC HIMPI Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan muscab. Untuk Solsel, kita harapkan Ketum terpilih kinerjanya lebih baik dari pengurus sebelumnya. Perbanyak penjaringan regenerasi HIMPI serta kepengurusan di daerah ini. Kalau sebelumnya beranggotakan 70 orang, periode saat ini HIPMI Solsel harus mencapai 100 orang harapnya.

Pengurus BPC HIPMI Solok Selatan foto bersama usai pelantikan di Hotel Pesona Alam Sangir
Pengurus BPC HIPMI Solok Selatan foto bersama usai pelantikan di Hotel Pesona Alam Sangir00

Terpisah, Bupati Solok Selatan Khairunas diwakili Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Solok Selatan Famil Rustam Sangir mengatakan HIPMI adalah rumah bagi pengusaha muda daerah. Bengkel dasar bagi anggota baru dalam konsep enterpreneur, generasi muda untuk mengembangkan bakatnya.

“Kita lihat generasi muda pada bulan ramadhan mereka memiliki UMKM, ada anak SD, SMP, mahasiswa yang libur kuliah. Perlu di gaet pengusaha baru, jadi mereka tidak hanya punya usaha musiman saja. Tapi bisa dibina oleh HIPMI kedepannya,” pintanya. (adi)