Wabup Resmikan Masjid ke 204, Ini Pesannya Kepada Masyarakat dan Jemaah

Wabup Solsel Yulian Efi resmikan Masjid Nurul Ikhlas Simpang Limau, Jorong Sungai Padi Utara, Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir
Wabup Solsel Yulian Efi resmikan Masjid Nurul Ikhlas Simpang Limau, Jorong Sungai Padi Utara, Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir

 

Solsel, kopasnews.com – Masjid Nurul Ikhlas Simpang Limau Jorong Sungai Padi Utara, Kecamatan Sangir, merupakan masjid yang ke 204 diresmikan Pemkab Solok Selatan.

Masjid tersebut direnovasi sejak 2013 lalu yang anggarannya dari bantuan jemaah dan kaum muslimin.

“Semoga dengan diresmikan masjid Nurul Ikhlas ini, keimanan masyarakat terus meningkat. Makmurkanlah masjid, apalagi beberapa bulan lagi akan memasuki ramadhan, tentu saja kita harap masjid menjadi ladang amal ibadah bagi masyarakat islam,” kata Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Efi saat peresmian Masjid yang terletak di Simpang Limau itu, Jumat (17/2/2023).

Dia berharap dengan diresmikan jadikanlah masjid bukan hanya sebagai tempat menunaikan ibadah shalat, tetapi berperan sebagai pusat pendidikan dan penyebaran syiar Islam.

Juga tempat menyelesaikan berbagai persoalan umat, dan jadi pusat pemberdayaan masyarakat. Tempat menanamkan nilai-nilai kebajikan dan kemaslahatan umat manusia. Selain itu, masjid juga dapat digunakan sebagai tempat untuk membangun ekonomi dan kesejahteraan umat.

“Kita harap terwujudnya masyarakat madani. masyarakat yang dituntun oleh wahyu illahi, dan bergerak dinamis sebagai masyarakat yang bahu membahu, tolong menolong, dan bekerjasama dalam membangun kesejahteraan umat. Dan tempat amal ibadah dunia dan akhirat,” jelasnya.

Ketua DPRD Solok Selatan, Zigo Rolanda berpesan, agar masjid jangan sampai isinya kosong atau hanya beberapa orang saja yang memamfaatkan.

Tetapi jadikan sebagai tempat bermusyawarah, dedikasi agama, tempat pengajian-pengajian agama dan menimba ilmu agama.

“Kita minta agar masyarakat senantiasa memakmurkan masjid dengan berbagai aktivitas keagamaan. Jangan sampai masjid dibangun megah, namun sepi, kosong atau tidak ada kegiatan yang bermanfaat,” pesannya.

Zigo menyebut memakmurkan masjid di sekitar rumah. Jangan sampai masjid didirikan tetapi kegiatannya kosong, yang beribadah sedikit. Apalagi kemajuan peradaban Islam harus dimulai dari Masjid dan keimanan dari masyarakat dalam menjaga keutuhan islam.

“Untuj itu, kita harus berupaya meraih amal dunia dan akhirat melalui kegiatan-kegiatan¬†keagamaan di Masjid,” terangnya.

Kepala Jorong Sungai Padi Utara, Alvendo berharap, ramadhan tahun 2023 ini Masjid Nurul Ikhlas masuk agenda safari ramadhan Kabupaten dan Provinsi.

“Ini permintaan dari masyarakat kami, karena ramadhan bisa jadi penghubung kedekatan Pemkab dengan masyarakat yang dipimpinnya,” tuturnya. (adi)