Timnas Indonesia Tantangan Berat Bagi Australia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pemain Timnas Indonesia Marcelino Ferdinan saat duel dengan pemain Tanzania pada laga uji coba di SUGBK Minggu (2/6/2024). Foto : PSSI
Pemain Timnas Indonesia Marcelino Ferdinan saat duel dengan pemain Tanzania pada laga uji coba di SUGBK Minggu (2/6/2024). Foto : PSSI

 

Kopasnews.com – Pelatih Australia, Graham Arnold, menepis anggapan bahwa Timnas Indonesia adalah tim terlemah di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Menurutnya, setiap tim yang berhasil mencapai tahap ini layak dihormati sebagai yang terbaik.

“Kami memiliki tujuan yang jelas, yaitu untuk lolos langsung ke Piala Dunia 2026, baik sebagai juara grup maupun runner-up,” kata Graham Arnold.

Menanggapi pertanyaan mengenai kekuatan Timnas Indonesia, Arnold menegaskan, “Tidak ada lagi tim yang bisa dianggap lemah di grup ini. Ketika sudah mencapai babak 18 besar, setiap pertandingan menjadi sulit.”

Baca Juga : Timnas Indonesia Hadapi Grup Berat di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pelatih yang berpengalaman itu mengakui bahwa Timnas Indonesia akan menjadi tantangan tersendiri, terutama dengan dukungan fanatik dari suporter Merah Putih.

“Saya menyadari akan dukungan yang luar biasa dari suporter di Indonesia, yang tentunya akan membuat atmosfer pertandingan semakin menarik, baik di Jakarta maupun di kota lain,” katanya.

Arnold juga mengomentari hasil drawing yang menempatkan Australia bersama China dan Indonesia dalam grup yang jaraknya relatif dekat. “Saya senang dengan hasil drawing ini karena mempertimbangkan jarak perjalanan pemain, terutama mereka yang bermain di Eropa,” tambahnya.

Kualifikasi Piala Dunia 2026 memang menjanjikan persaingan ketat, namun Arnold optimis bahwa Australia dapat menghadapi setiap tantangan dengan kesiapan dan fokus yang tepat. (auf)