Rekrutmen Ribuan Akademi Kepolisian 2024 Memasuki Tahap Uji Kesamaptaan Jasmani

Rekrutmen Akademi Kepolisian (Akpol) untuk Tahun Anggaran 2024 telah memasuki tahap Uji Kesamaptaan Jasmani. Dok.Polri
Rekrutmen Akademi Kepolisian (Akpol) untuk Tahun Anggaran 2024 telah memasuki tahap Uji Kesamaptaan Jasmani. Dok.Polri

Kopasnews.com – Rekrutmen Akademi Kepolisian (Akpol) untuk Tahun Anggaran 2024 telah memasuki tahap Uji Kesamaptaan Jasmani, diikuti oleh 3.325 calon taruna dan taruni dari 34 polda di seluruh Indonesia.

Tahap Uji Kesamaptaan Jasmani dilakukan setelah para calon taruna (catar) mengikuti Computer Assisted Test (CAT) Akademik. Setelah tahap ini, para peserta akan menjalani sidang menuju pemeriksaan kesehatan tahap kedua.

“Sidang menuju pemeriksaan kesehatan tahap dua ini bertujuan untuk menentukan peserta yang lolos dari Uji Kesamaptaan Jasmani dan berhak melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu pemeriksaan kesehatan tahap dua,” ujar Kabag Penyedia Personel Biro Pengendalian Personel SSDM Polri, Kombes Fadly Samad, pada Sabtu (1/6/2024).

Sebanyak 3.325 peserta seleksi Akpol ini terdiri dari 3.062 pria dan 263 wanita. Penilaian dalam sidang ini mencakup pembobotan nilai dari hasil Tes Psikologi, CAT Akademik, dan Uji Kesamaptaan Jasmani.

“Uji Kesamaptaan Jasmani meliputi beberapa item, yaitu Lari 12 Menit, Pull Up, Chinning, Push Up, Sit Up, Shuttle Run, serta renang. Tujuannya untuk menguji ketahanan fisik peserta seleksi,” jelas Fadly.

Fadly menambahkan bahwa calon taruna dan taruni yang lolos sidang menuju pemeriksaan kesehatan tahap dua akan menjalani pemeriksaan organ dalam tubuh seperti jantung dan darah.

“Pemeriksaan meliputi jantung, urine, dan darah,” kata Fadly.

Bagi calon taruna dan taruni yang berhasil lolos pemeriksaan kesehatan tahap dua, mereka akan menjalani pemeriksaan mental kepribadian dan tes psikologi. Tahap selanjutnya adalah pemeriksaan administrasi akhir, kemudian sidang akhir tingkat panitia daerah (polda asal).

Bac Juga : Satnarkoba Polres Solsel Amankan Puluhan Gram Sabu dan Ratusan Ganja Dari Tangan 16 Tersangka

Baca Juga : Presiden Joko Widodo Pastikan Stok dan Stabilitas Harga Kebutuhan Pokok di Sumatra Selatan

Selain jalur seleksi Akpol, proses rekrutmen Bintara Polri Tahun Anggaran 2024 juga sedang berlangsung. Sebanyak 70.916 peserta telah menyelesaikan tahap CAT Akademik, terdiri dari 61.134 pria dan 9.782 wanita. Sementara itu, untuk rekrutmen Tamtama, 5.291 peserta telah mengikuti CAT Akademik, menurut Fadly.

Dengan berbagai tahapan seleksi yang ketat ini, diharapkan para calon anggota Polri yang terpilih nantinya merupakan individu-individu terbaik yang siap mengabdi dan menjaga keamanan serta ketertiban di masyarakat. (*)