39 PKD Dilantik Pahami dan Cermati Setiap Temuan Dilapangan

Bawaslu Solok Selatan foto bersama usai pelantikan PKD di Aula Pesona Alam Sangir Sabtu (1/6)
Bawaslu Solok Selatan foto bersama usai pelantikan PKD di Aula Pesona Alam Sangir Sabtu (1/6)

 

Kopasnews.com – Sebanyak 39 orang Panwaslu Keluaran Desa (PKD) se Kabupaten Solok Selatan telah melakukan pengambilan sumpah janji dan pelantikan di Gedung Pesona Alam Sangir, Sabtu (1/6/2024).

Ketua Bawaslu Solok Selatan Zul Nasri menyampaikan, ada hal-hal yang dibatasi yang mesti menjadi pemahaman PKD di lapangan dalam pelaksanaan tugas. Bersikap yang baik, bijak dalam bermedia sosial (medsos) agar jangan menimbulkan permasalah di tubuh PKD itu sendiri.

“Selain itu, PKD perlu peningkatan ilmu pengawasan yang sesuai dengan regulasi yang ada dan persepsi yang sama antara tingkatan Bawaslu RI, Provinsi, Kabupaten hingga ke tingkat desa atau nagari atau PKD sendiri.


Pahami dan cermati setiap temuan dilapangan,” pesan Zul Nasri.

Dia menekankan pentingnya PKD bertugas dengan memiliki insting yang tinggi setiap proses tahapan Pilkada yang dihadapi dilapangan. Cermati setiap adanya temuan dan pahami laporan yang akan diteruskan kepada Panwaslu Kecamatan berkaitan dengan adanya dugaan pelanggaran yang terjadi dalam tahapan Pemilihan di tingkat Nagari.

“Laporan harus jelas, cukup bukti, dan betul-betul pelanggaran,” paparnya.

Baca Juga : Pemkab Pasbar Siapkan Dana Hibah Khusus untuk Pengamanan Pilkada 2024

Baca Juga : Polres Solsel Launching Program Kemitraan Dai Kamtibmas

“Kepada aparat keamanan seperti TNI-Polri kita harapkan kerjasama yang baik dan berkolaborasi dalam mewujudkan Pilkada yang aman dan kondusif di Solsel,” tuturnya.

Waka Polres Solok Selatan Kompol Efdar Roza menyampaikan, apapun laporan saudara-saudara, pihak aparat akan menindak lanjuti. Namun harus lengkap dan lebih berhati-hati dalam membuat laporan, betul-betul temuan. Apakah menyangkut tindak pidana maupun pelanggaran administrasi.

“Pengawas kita minta bekerjalah sesuai komitmen dan integritas. Mari bekerjasama dengan baik sesuai aturan yang ada,” bebernya.

Lakukan koordinasi dan musyawarah dan jangan sampai menyampaikan laporan yang salah karena bisa menyebabkan permasalah hukum pada diri sendiri.

Baca Juga : KPU Pastikan Tidak Ada Pasangan Calon Perseorangan Maju di Pilkada Solsel 2024

“Mari berikan informasi yang valid, jangan sampai salah. Karena resikonya tinggi. Selamat bekerja dan mintalah perlindungan kepada Allah SWT. Mudah setiap langkah dapat lindungNYA,”

Plh Ketua KPU Solok Selatan Elvira Roza berpesan kepada PKD lakukan pekerjaan teknis dilapangan dengan baik dan jangan keluar atau melenceng dari peraturan yang ada dalam pelaksanaan Pilkada 2024.

“Mari cari dan kumpulkan informasi, perlu juga awasi tugas penyelanggara seperti kami KPU dilapangan,” ucapnya. (adi)