Pj Wali Kota Padang Panjang Ajukan Perbaikan Jalan dan Jembatan ke BNPB

Peninjauan jalan Lubuk Mata Kucing dan jembatan pasca bencana banjir bandang bersama BNPB
Peninjauan jalan Lubuk Mata Kucing dan jembatan pasca bencana banjir bandang bersama BNPB

Kopasnews.com Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra mengajukan permohonan perbaikan jalan dan jembatan di wilayahnya saat kunjungan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto, pada Selasa (14/5/2024).

Permohonan tersebut mencakup perbaikan jalan Lubuk Mata Kucing pasca banjir bandang dengan estimasi biaya mencapai Rp8 miliar, serta jembatan Tanjung yang mengalami kerusakan akibat hujan deras, dengan biaya mencapai Rp2 miliar.

Sonny menyampaikan bahwa kondisi tersebut tidak dapat ditangani hanya dengan APBD setempat. Namun, ia menyambut baik respon positif dari Kepala BNPB yang berjanji untuk segera memberikan bantuan.

“Beliau sudah berjanji segera membantu,” ujar Sonny.

Baca Juga : 25 Anggota DPRD Solok Selatan Terpilih di Tetapkan KPU Setempat

Baca Juga : Jalan Nasional Amblas, Akses Solok Selatan-Padang Putus di Lolos Surian

Selain itu, Sonny juga menyebut bahwa untuk tindak lanjut perbaikan jembatan Tanjung yang amblas, akan dibangun jembatan darurat sementara untuk pejalan kaki dalam waktu dekat.

“Bagi yang memiliki kendaraan roda empat dan roda dua bisa memutar. Tidak direkomendasikan untuk kendaraan bermotor karena sangat berbahaya. Insyaallah sesegeranya paling lambat Sabtu depan,” tambah Sonny.

Proses verifikasi terkait usulan fisik ini akan segera dilakukan oleh pihak BNPB. Rombongan kepala BNPB juga meninjau jalan yang ambruk di Lembah Anai serta mengunjungi warga korban longsor di Kelurahan Silaing Bawah, di mana BNPB memberikan bantuan berupa 10 paket sembako dan 10 family kit. (wrd)