Atasi Narkoba Zombie Masuk Indonesia, Perlu Tindakan Ekstrem Pemerintah dan Aparat

Kondisi ini terjadi di Amerika Serikat disebabkan pengaruh narkona zombie. Foro istimewa
Kondisi ini terjadi di Amerika Serikat disebabkan pengaruh narkona zombie. Foro istimewa

Jakarta, kopasnews.com – Tindakan ekstrem dalam mencegah masuknya Narkotika jenis ‘Zombie’ di Indonesia sangat penting, hal ini untuk menjaga masyarakat Indonesia tidak rusak dampak pengaruh Narkoba Zombie tersebut.

Sebab itu tindakan preventif harus dilakukan demi melindungi generasi penerus bangsa dari jerat penyalahgunaan narkotika.

“Saya kira pemerintah dan aparat penegak hukum terkait perlu melakukan tindakan ekstrem, bagaimanapun Narkoba Zombie ini berbahaya, bisa jadi lebih berbahaya dibanding Narkoba jenis lain,” tegas Wakil Ketua DPR RI bidang Koordinator Kesejahteraan rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar, Rabu (31/5/2023)

Baca Juga : Pasutri Ditangkap Seusai Edarkan Narkoba

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini meminta Polri mengintensifkan kerjasama dengan Kementerian dan lembaga lain demi memastikan Indonesia aman dari peredaran Narkoba Zombie.

Menurutnya kerjasama lintas sektor akan mengoptimalkan pencegahan masuknya Narkoba yang memiliki nama lain Flakka itu.

“Harus ada kerja sama lintas instansi, sehingga Indonesia bisa menutup rapat masuknya narkoba yang sangat membahayakan ini. DPR juga akan turut mengawal untuk memastikan pencegahan peredaran narkoba dapat berjalan optimal,” terangnya.

Secara khusus Legislator Dapil Jawa Timur VIII tersebut menyoroti jalur masuknya narkoba ke Indonesia. Ia mengatakan, pihak berwenang harus melakukan pengawasan ketat di setiap pintu masuk yang berada di wilayah Indonesia, termasuk dari jalur laut.

Baca Juga : Tiga Pelaku Diamankan Bersama 5,45 Gram Sabu

“Sebagai negara maritim, Indonesia punya banyak jalur masuk. Saya tegaskan, tutup akses jalur-jalur tikus sehingga kita tidak kecolongan. Tentunya ini memerlukan kerja bersama, bukan membeking,” tutur anggota komisi I itu.

Sebelumnya santer diberitakan kondisi Kota Philadelphia di negara bagian Pennsylvania, Amerika Serikat, sangat mengkhawatirkan akibat maraknya pengguna narkoba Flakka yang berasal dari obat tranq atau dikenal dengan xylazine.

Para pecandu narkoba tampak berkeliaran di salah satu kawasan di Philadelphia yang dikenal sebagai pasar bebas narkotika.

Banyak di antara mereka mencampur obat ini dengan heroin, fentanil, dan ekstasi yang berujung efek serius.

Sebab itu Pemerintah AS telah menetapkan kombinasi Narkoba tersebut sebagai ancaman baru karena kasus overdosis dan kematian di penjuru AS terus mengalami peningkatan.

Baca Juga : Masuk Secara Ilegal, WNA Malaysia Dibawa Kemeja Pengadilan

Dari video yang viral di media sosial, pecandu Narkoba Flakka di Philadelphia tampak berkumpul dalam kondisi yang mengenaskan di pinggir jalan.

“Kita lihat di vidio viral mereka pecandu narkoba zombie terlihat seperti zombie. Banyak yang melamun, berjalan tanpa arah dengan tatapan kosong, bahkan sampai ada yang pingsan. Jangan sampai terjadi di Indonesia. Jika tejadi, artinya pengawasan jalur masuk narkona di Indonesia lemah. Jangan sampai ada yang bermain, terutama oknum aparat,” pungkasnya.

(fah)