Proses Maarten Paes Antara Naturalisasi dan Harapan Belanda

Kasus perpindahan federasi kiper naturalisasi Indonesia Marteen Paes masih menggantung hingga kini belum ada kejelasan.
Kasus perpindahan federasi kiper naturalisasi Indonesia Marteen Paes masih menggantung hingga kini belum ada kejelasan.

 

Kopasnews.com – Marteen Paes, kiper berbakat dari FC , telah resmi mengambil sumpah kewarganegaraan Indonesia pada 30 April 2024 lalu, meskipun prosesnya terganjal oleh aturan FIFA yang melarang pemain yang pernah membela Timnas Belanda di usia 22 tahun untuk beralih federasi.

Eks Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani, mengungkapkan kekhawatirannya terhadap proses naturalisasi Paes yang mungkin belum selesai sepenuhnya.

Dalam sebuah video di kanal YouTube “Hasani’s Corner”, Hasani menyatakan kecurigaannya bahwa KNVB masih mempertimbangkan untuk kembali merekrut Paes, terutama setelah penampilan kurang memuaskan beberapa kiper Belanda di Euro 2024.

Meskipun Paes telah memperoleh paspor dan kewarganegaraan Indonesia, spekulasi tentang kemungkinan kembalinya ke Timnas Belanda masih menggantung. Hasani menyoroti bahwa Paes baru-baru ini terpilih sebagai bagian dari MLS All-Star Game, menunjukkan pengakuan atas kualitasnya sebagai kiper.

Baca Juga : Marteen Paes Bisa BelaTimnas Indonesia Tanpa Harus Jalani Sidang CAS

Baca Juga : Indonesia Dominasi Asean University Games 2024 dengan Prestasi Gemilang di Pencak Silat

Kehadiran Paes di MLS bersama FC Dallas menambah catatan gemilangnya, sementara keprihatinan akan potensi kembalinya ke Timnas Belanda terus mengemuka.

Dengan perannya yang semakin krusial dalam timnya saat ini, pertanyaan mengenai masa depan internasionalnya tetap menjadi sorotan utama dalam diskusi sepak bola internasional. (auz)