289 Jamaah Calon Haji Tanah Datar Bertolak ke Tanah Suci

Bupati Tanah Datar Eka Putra melepas keberangkatan jemaah haji ke tanah suci Mekkah Sabtu (18/5)
Bupati Tanah Datar Eka Putra melepas keberangkatan jemaah haji ke tanah suci Mekkah Sabtu (18/5)

 

Kopasnews.com – Sebanyak 289 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Tanah Datar resmi diberangkatkan ke Tanah Suci oleh Bupati Tanah Datar, Eka Putra, pada Sabtu (18/5/2024). Acara pelepasan yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Tanah Datar Pagaruyung ini dihadiri oleh berbagai pejabat daerah dan tokoh masyarakat.

Bupati Eka Putra menekankan pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental selama menjalankan ibadah haji. Beliau juga berpesan agar para jamaah mempersiapkan diri dengan baik dan menjaga rangkaian ibadah selama di Tanah Suci.

“Persiapkan segala sesuatunya, baik fisik, jiwa, kesehatan dan sebagainya, untuk kelancaran menunaikan rukun Islam yang kelima ini. Kami mendoakan semoga bapak dan ibu mendapatkan haji yang mabrur, Aamiin,” ujar Eka Putra.

Selain itu, Bupati Eka Putra menitipkan doa khusus untuk Kabupaten Tanah Datar agar terhindar dari bencana dan semoga para korban bencana yang belum ditemukan dapat segera ditemukan. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras mempersiapkan keberangkatan JCH tahun ini.

Baca Juga : Kisah Pilu Hutan Pelindungku Puisi Rafa; Siswa SDN 24 Limo Kaum Korban Banjir Banjir Bandang

“Secara khusus, saya menitipkan doa dari bapak dan ibu semua di tempat yang mustajab untuk Kabupaten Tanah Datar yang kita cintai ini, supaya Tanah Datar tetap tenteram, aman dan dijauhkan dari semua bencana. Semoga para korban yang sampai saat ini belum ditemukan dapat segera ditemukan. Terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk mempersiapkan segala sesuatunya, kami berdoa agar seluruh JCH asal Tanah Datar kembali ke Tanah Air dengan selamat dan berkumpul kembali bersama keluarga,” ucapnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Tanah Datar, Amril, melaporkan bahwa tahun ini 289 JCH dibagi dalam dua kloter, yaitu kloter 7 dan kloter 17. Kloter 7 terdiri dari 253 jamaah, termasuk satu orang Ketua Kloter, satu Pembimbing Ibadah, dua Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD), dua paramedis, dan satu dokter dari Provinsi Bengkulu. Kloter 17 terdiri dari 36 jamaah.

Baca Juga : 70 KK Mengungsi di Solsel, Khawatirkan Banjir Bandang Kembali Terjadi

Amril juga mengingatkan jamaah untuk menjaga pola makan, memperbanyak istirahat, dan mengikuti arahan petugas demi kelancaran ibadah. “Ikuti arahan petugas, siapkan dan jaga fisik serta mental menjelang dan selama menjalankan ibadah haji. Mari berdoa kepada Allah SWT semoga JCH Tanah Datar diberi kemudahan, selamat pergi pulang dan mendapatkan haji yang mabrur,” ucapnya. (akm)