Pemkab Minta Tingkatkan Kualitas Ibadah dan Makmurkan Masjid Agar Jangan Sepi

Peresmian masjid Rimbo Tangah, Kecamatan Sangir
Peresmian masjid Rimbo Tangah, Kecamatan Sangir

Solsel, kopasnews.com – Meningkatnya status mushalla menjadi masjid, hendaknya sejalan pula dengan peningkatan kualitas dan kuantitas beribadah masyarakat.  Makmurkan masjid agar jangan sampai kondisinya sepi jemaah.

 

Hal ini diungkapkan Bupati Solok Selatan Khairunas saat peresmian Masjid Nurul Hikmah, Simpang Rimbo Tangah, Lubuk Gadang,Kecamatan Sangir Jumat (04/08/2023).

 

“Mesjid ini kita bangun bukan untuk bermegah-megahan, melainkan untuk memotivasi kita beribadah ditempat terbaik, dan semakin banyak orang ikut memakmurkan masjid,” kata Khairunas

Dengan diresmikannya Mushalla Nurul Hikmah menjadi Masjid, maka jumlah masjid di Solok Selatan saat ini bertambah manjadi 205 unit. Sementara untuk Kecamatan Sangir  telah berjumlah 66 masjid.

Khairunas menyebut bahwa pemerintah berkomitmen untuk memberikan dukungan terhadap kegiatan yang berkontribusi positif termasuk pembangunan masjid.

Baca Juga : Pemko Padang Bagikan Belasan Ribu Bendera Merah Putih
Ketua DPRD Zigo Rolanda menyambut baik atas diresmikan masjid ini. Menurutnya, Masjid yang didirikan hendaknya menjadi perekat tali silaturahmi.

“Meramaikan masjid tidak hanya kawajiban pengurus dan pemerintah, sebagai muslim adalah kawajiban kita bersama,” ujarnya.

Dia juga mengapresiasi semangat masyarakat, sehingga keberadaan Masjid ini telah menjadi satu kawasan, dengan adanya keberadaan kantor pemerintahan, rumah gadang.

“Kedepan kita berharap agar Masjid ini selain tempat berbadah, juga dikembangkan menjadi rumah tahfidz,” tuturnya.

Baca Juga : Longsor Disinjau Lawik Putus Akses Nasional Padang-Solok
Kepala Kemenag Solok Selatan Kasmir menyoroti beberapa aspek pengelolaan masjid, diantaranya pengelolaan administrasinya teratur, mulai dari penentuan imam, garin penceramah dan lainnya.

Kemudian bagaimana mesjid itu ramai dan difungsikam, karena masjid memang berfungsi segalanya di masyarakat termasuk peningkatan ekonomi.

“Selain itu, konsep masjid adalah ramah, ramah lansia, ramah anak, ramah disabilitas, ramah keberagaman , rumah lingkungan, rumah musafir dan rumah fakir miskin,” tuturnya. (adi)