Aprisal Dani Terpilih Sebagai Ketua SPSI Solok Selatan

Foto bersama usai terpilihnya Aprisal Dani sebagai Ketua SPSI Solok Selatan periode 2023-2028 di Kantor Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Solok Selatan Selasa (30/5)
Foto bersama usai terpilihnya Aprisal Dani sebagai Ketua SPSI Solok Selatan periode 2023-2028 di Kantor Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Solok Selatan Selasa (30/5)

Solsel, kopasnews.com – Aprisal Dani terpilih sebagai Ketua DPC Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kabupaten Solok Selatan periode 2023-2028. Dia mendapatkan suara terbanyak dalam pemilihan secara terbuka dengan sistem voting forum.

Dari 17 pengguna hak pilih, Aprisal Dani mendapatkan 12 suara. Sedangkan dua calon lainnya Isril Yani dan Eri Nasrizon tidak mendapatkan hak suara dalam pemilihan konfederasi SPSI Solok Selatan itu.

“Terima kasih atas amanah yang diberikan kepada saya. Saya siap memperjuangkan hak-hak buruh atau pekerja. Jangan sungkam-sungkam untuk menghubungi saya, ketika ada hal penting yang akan disampaikan,” kata Ketua SPSI terpilih Aprisal Dani, Selasa (30/5/2023) di Kantor Dinaskertran Solsel.

Baca Juga : Emi Susnawati Terpilih Jadi Ketua APKASINDO, Siap Perjuangkan Hak Petani Sawit Daerah

Pembentukan pengurus konfederasi tersebut dilaksanakan sesuai ketentuan tata tertib, dan keberadaannya diatur resmi secara hukum di Indonesia.

Sebelum pemilihan, Alesandro Delpiero sebagai Pimpinan Sidang komfederasi bersama dua presedium lainnya memberikan kesempatan kepada 3 orang bakal calon untuk menyampaikan visi misinya sebagai calon Konfederasi SPSI Solok Selatan.

Pemilihan di sepakati forum dengan sistem voting dari perwakilan PT, CV dan perusahaan.

“Sistem pemilihan tertutup hanya ada 3 suara, dan sistem pemilihan terbuka 12 suara. Terpilih sebagai Ketua Aprisal Dani, Sekretaris Erizal dan Bendahara Isril Yani,” tuturnya.

Baca Juga : Perusahaan Penanaman Modal Wajib Sampaikan laporan Realisasi Investasi

Aprisal Dani mengatakan, konfederasi ini wadah fasilitator untuk memperjuangkan aspirasi pekerja dan buruh di perusahaan-perusahaan yang ada di Solok Selatan. Serta mengayomi hak-hak pekerja.

Pentingnya pembentukan serikat pekerja ini, karena jadi wadah dalam menjalin hubungan yang baik antara karyawan dan perusahaan.

“Sebab serikat buruh merupakan organisasi yang dibentuk untuk melindungi hak-hak karyawan atau buruh di Solok Selatan,” sebutnya.

Ketua SPSI Solok Selatan terpilih Aprisal Dani saat memberikan sambutan usai pemilihan
Ketua SPSI Solok Selatan terpilih Aprisal Dani saat memberikan sambutan usai pemilihan

Sementara, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinasketran) Solok Selatan Basrial mengatakan, dengan tidak kunjungnya terlaksana rapat pemilihan pengurus SPSI Solsel yang seharusnya dilaksanakan di akhir 2022 lalu.

Namub sudah 5 bulan tidak ada tanda-tanda dilakukan pemilihan pengurus yang baru, sehingga pihak Dinas ambil kebijakan.

“Komfederasi ini sebagai bentuk mengayomi pekerja sebagai induk organisasi perusahaan perkebunan, angkutan dan perusahaan lainnya yang memakai tenaga,” kata Basrial.

Baca Juga : Indonesia Jalin Investasi Dengan Perusahaan Tiongkok

“Sebab itu kita ambil kebijakan untuk melakukan musyawarah pemilihan pengurus, sebab kartu pengurus yang lama sudah mati dan masa jabatan sudah lama berakhir,” tuturnya.

Dengan telah terpiluhnya Ketua dan pengurus, silahkan susun kabinet dan ajukan ke pengurus provinsi untuk kegiatan pelantikan nantinya.

“Paling lambat seminggu setelah pemilihan ini, kita siap mendampingi ke provinsi untuk penerbitan Surat Keputusan (SK) konfederasi Solsel ini,” tuturnya. (adi)