Bantuan Beras Pangan Disalurkan Untuk Warga Sungai Kunyit

Penyaluran bantuan pangan ke warga Sungai Kunyit
Penyaluran bantuan pangan ke warga Sungai Kunyit

 

Solsel, kopasnews.com – Pemkab Solok Selatan telah menyalurkan bantuan di 14 Nagari di Solok Selatan dan terus melakukan pengawasan penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras Nasional tersebut ke setiap nagari yang ada di daerah itu, hal ini untuk memastikan ketepatsasaran bantuan yang disalurkan ke masyarakat penerima.

“Kita ingin memastikan betul-betul tepat sasaran. Dan kita juga minta pengawasan dari masyarakat, jika tak tepat sasaran. Maka silahkan laporkan agar data penerima di perbaiki,” jelas Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Efi saat penyerahkan bantuan beras di Sungai Kunyit dan Sungai Kunyit Barat, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Sabtu, (6/5/2023).

Baca Juga : Angka Pengangguran dan Kemiskinan Jadi Persoalan Payakumbuh
Dia menyebut penyaluran bantuan pangan cadangan beras kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tersebut akan dilangsungkan hingga hingga 13 Mei 2023.

Hingga saat ini, 14 nagari dari 36 nagari yang telah tersalurkan bantuan pangan cadangan beras tersebut di Solok Selatan. Hari Monggu juga kita salurkan.

“Sudah 14 nagari beras pangan bantuan di salurkan pemerintah ke masyarakat,” tuturnya.

Menurut Yulian Efi, koordinasi dan komunikasi di masing-masing tingkatan harus tetap dijaga dan diperkuat. Sebab, bantuan pangan cadangan beras dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) tersebut memang diharapkan bisa tersalurkan dengan baik dan benar-benar bermanfaat bagi penerima yang membutuhkan.

Dia berterima kasih kepada pemerintah pusat atas bantuan yang diberikan kepada Kabupaten Solok Selatan. Ini tentunya tidak terlepas dari upaya koordinasi dan kerja sama kita bersama. Mulai itu dari bawah, provinsi, dan pusat. Sebaliknya dari pusat hingga ke daerah.

“Makanya koordinasi ini harus kita jaga dengan mengawal penyaluran kelapangan khususnya dari hulu ke hilir,” tegas Wakil Bupati.

Sementara Wali Nagari Sungai Kunyit dan Wali Nagari Sungai Kunyit Barat turut menyampaikan terima kasih atas bantuan cadangan pangan nasional.

“Terima kasih kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Solok Selatan,” kata Pj Wali Wali Sungai Kunyit Rivaldi.

Dia juga turut mengajak masyarakat untuk senantiasa mendukung program yang dicanangkan pemerintah, apalagi Sungai Kunyit akan menjadi pintu gerbang Solok Selatan.

Baca Juga :Pariwisata Indonesia Bisa Rusak Karena Kasus Viral WNA Asal Jerman

Penyaluran bantuan pangan cadangan beras yang diterima Kabupaten Solok Selatan sebanyak 35 ton lebih beras untuk didistribusikan kepada 11 ribu KK KPM. Penyaluran diberikan dalam 3 tahap untuk masa bulan Maret – Mei.

“Untuk kedua nagari tersebut disalurkan kepada 386 kepala keluarga, untuk Nagari Sungai Kunyit ada sebanyak 200 kilogram lebih beras yang akan disalurkan untuk 212 KK. Kemudian untuk Nagari Sungai Kunyit Barat sebanyak 170 kilogram lebih untuk 174 KK,” terangnya. (adi)