Presiden Jokowi Cek Bulog dan Salurkan Pangan ke Warga Merangin Jambi

Presiden Joko Widodo menyampaikan kesiapan Bulog di Merangin, Provinsi Jambi (3/4) dok.BPMI Setpres/Vico
Presiden Joko Widodo menyampaikan kesiapan Bulog di Merangin, Provinsi Jambi (3/4) dok.BPMI Setpres/Vico

Kopasnews.com – Presiden Joko Widodo disamping melakukan peninjauan langsung ketersediaan beras yang ada di Kompleks Pergudangan Bulog Pematang Kandis, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Juga menyalurkan bantuan beras pangan tersebut kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di daerah itu.

“Bapak, Ibu sudah terima semuanya yang 10 kilo? Saya tadi mendapatkan catatan, ada yang sudah tiga kali, tapi ada juga yang baru sekali, betul?” ucap Presiden dalam dialognya dengan masyarakat penerima manfaat.

Presiden mengatakan bahwa bantuan pangan tersebut akan berlanjut hingga bulan Juni mendatang. Namun, keberlanjutan bantuan setelah bulan Juni akan tergantung pada ketersediaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Nanti kita lihat lagi kalau anggaran APBN mencukupi akan dilanjutkan di Juli, Agustus, September Oktober, November, Desember. Saya tidak janji, tapi nanti kalau kita buka lagi APBN-nya ada akan kita teruskan sampai Desember,” ujar Presiden.

Salah seorang warga, Sarah, berharap bantuan pangan tersebut dapat terus dilanjutkan. Menurutnya, bantuan tersebut sangat bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga : Empat Prioritas Kerjasama Indonesia-Australia Sudah Tunjukan Perkembangan

“Alhamdulillah sangat terbantu sekali untuk bulan Ramadan ini, karena (harga) beras juga mahal kan, jadi alhamdulillah sekali saya sangat berterima kasih dengan Pak Jokowi. Kalau beliau tidak turun langsung kayak gini juga tidak akan tahu kan warganya yang mana yang butuh bantuan,” ungkap Sarah.

Sinur Murni mengaku merasa terbantu dengan bantuan tersebut karena kondisi ekonominya yang kurang mampu. Ia juga berharap bisa mendapatkan bantuan lainnya.

“Saya berterima kasih nian, saya memang orang tidak punya, memang saya tidak dapat PKH, saya hanya dapat (bantuan) beras ini yang 6 bulan, saya sudah dapat tiga kali, saya berterima kasih nian,” tutur Sinur Murni.

Warga lainnya, Sarah juga berharap bantuan pangan tersebut dapat terus dilanjutkan. Menurutnya, bantuan tersebut sangat bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari. (*)