Jembatan Amblas Jalan Tergenang Segera Ditindaklanjuti Bupati

Jembatan Amblas pasca diterjang bencana banjir di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat segera diperbaiki dalam Minggu ini.
Jembatan Amblas pasca diterjang bencana banjir di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat segera diperbaiki dalam Minggu ini. Dok Ist

Kopasnews.com – Dampak banjir mengakibatkan kerusakan infrastruktur seperti amblasnya jembatan Koja sebagai akses utama yang menghubungkan lima Dusun di Nagari Koto Gadang Jaya (Koja), Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat.

Di daerah itu air tergenang di badan jalan sehingga menyebabkan masyarakat kesulitan dalam melewati akses tersebut.

“Jembatan ini akses satu-satunya dan sangat penting bagi masyarakat Koja untuk pengangkutan hasil bumi pertanian daerah. Termasuk badan jalan yang tergenang air sudah kita tinjau dan kita siap menindaklanjuti dalam waktu dekat ini,” ujar Bupati Pasaman Barat Hamsuardi, Senin (11/3/2024).

Akses ini akan cepat dilakukan perbaikan sehingga masyarakat kembali beraktivitas dengan mudah seperti sebelumnya. Bisa kembali dilewati kendaraan roda dua dan roda empat dengan normal.

Sementara, Kepala Bidang Bina Marga PUPR Pasaman Barat Bambang Sumarsono mengatakan, agar akses cepat lancar maka  jembatan bailey yang dipinjamkan dari PUPR Provinsi Sumbar pemasangannya ditargetkan selesai secepat mungkin.

Baca Juga : BNPB; Penanganan Darurat Bencana Alam Di Sumbar Dipercepat

Sementara air yang tergenang di badan jalan di daerah Koja itu rencananya akan dialirkan ke titik yang bisa dilalui seperti Batang Koja dengan menggunakan alat berat dari dinas PUPR.

“Insyallah, Minggu ini tuntas dibangun sehingga masyarakat dengan cepat pula dapat mengakses jalur ini,” tuturnya. (him)