17 Pasang Duta Genre Bersaing, Malam Ini Hasilnya di Umumkan

17 pasang finalis Duta Genre akan di umumkan pemenangnya malam ini (14/7)
17 pasang finalis Duta Genre akan di umumkan pemenangnya malam ini (14/7)

Solsel, kopasnews.com –  Sebanyak 17 pasang finalis bersaing untuk memperebutkan gelar Duta Genre Kabupaten Solok Selatan tahun 2023 dan pemanangnya akan di umumkan Jumat (14/7/2023) malam.

Ke 17 pasang finalis tersebut yang masih tersisa dalam lomba duta gendre yang menyisihkan 105 wakil finalis lain dari 7 Kecamatan di Solok Selatan.

“Malam ini hasilnya akan di umumkan, siapa yang berhak menerima gelar Duta Gendre Solok Selatan 2023,” ujar Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Efi di Aula Sarantau Sasurambi.

Baca Juga :Was-Was, Harimau Sumatera Berkeliaran di Ladang dan di Pemukiman Warga di Solsel

Dia menyebut program duta gendre tersebut sebagai wadah pembinaan ketahanan bagi remaja daerah. Tujuannyauntuk menyiapkan kehidupan keluarga bagi remaja, agar mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam dunia pekerjaan secara terencana dan menikah dengan penuh perencanaan sesuai fase reproduksi sehat.

“Program ini bentuk pengembangan remaja di Solok Selatan. Mereka kita siapkan saat ini menjadi role model sebagai remaja yang memiliki rencana dalam hidupnya, dan menjadi perpanjangan tangan pemerintah untuk memberikan edukasi. Termasuk konseling, mencegah pernikahan dini, seks pra-nikah, penyalahgunaan narkotika,” tuturnya.

Wabup mengatakan pembukaan grand final pemilihan duta Genre diharapkan dapat memberikan motivasi dan tantangan untuk remaja-remaja di Solok Selatan menjadi remaja yang kreatif.

Baca Juga : Generasi Muda Harus Mampu Menjadi Generasi Terencana

Karena menurut Yulian, upaya pembinaan ketahanan bagi remaja merupakan program yang dikembangkan untuk menyiapkan kehidupan keluarga bagi remaja.

“Bagaimana mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam dunia pekerjaan secara terencana dan menikah dengan penuh perencanaan sesuai fase reproduksi sehat,” jelasnya.

Sebab Generasi Berencana (Gendre), generasi memiliki perencanaan untuk mempersiapkan dan melewati lima transisi kehidupan remaja dengan mempraktikan hidup bersih dan sehat.

Menyiapkan diri berpendidikan yang baik, memulai berkarir dengan baik, dan menjadi anggota masyarakat yang baik, serta membangun keluarga yang berkualitas.

“Pada prinsipnya mereka harus tumbuh dan menyiapkan diri dengan matang di masa akan datang. Punya rencana untuk masa depan,” ulasnya.

Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda berharap finalis menjadi remaja yang berprestasi dan menjadi tauladan bagi remaja lainnya. Termasuk salah satunya terkait penanganan stunting.

“Kepada adek-adek kami berharap agar melakukan aksi-aksi nyata dalam persoalan remaja di masyarakat,” paparnya.

Sementara, Kepala Dinas P2KB & P3A Solok Selatan, Erawati berharap Rang Mudo Paga Nagari Nan Bijaksana disiapkan mampu mengisi bonus demografi.

Tentu saja sosok atau figur teladan serta motivator di kalangan remaja yang berperan memberikan wawasan kepada generasi muda tentang kesehatan reproduksi.

“Mari kita ciptakan remaja yang bebas narkoba, seks bebas, dan HIV/AIDS,” ujarnya. (adi)