Generasi Muda Harus Terus Tingkatkan Kualitas Diri

Kepala SMPN 3 Solsel menyalami Bupati Solsel
Kepala SMPN 3 Solsel menyalami Bupati Solsel

Solsel, kopasnews.com – Generasi muda Solok Selatan untuk terus meningkatkan kapasitas diri dan fokus dalam belajar, karena anak-anak muda ini merupakan generasi penerus Solok Selatan sebagai bakal menjadi pemimpin di masa depan.

Hal ini disampaikan Bupati Solok Selatan Khairunas saat menghadiri perpisahan di SMP N 3 Solok Selatan, Senin (15/5/2023).

“Harapannya, kepada anak-anak kami agar fokus untuk meningkatkan kualitas diri, fokus untuk belajar, dan sungguh-sungguh agar kelak kalian akan dapat menggapai cita-cita yang kalian impikan dan juga menjadi generasi penerus Solok Selatan yang berkualitas dan juga berkarakter,” katanya.

Alumni SMPN 3 itu menyebutkan bahwa kerja keras dan upaya yang dilakukan tidak akan mengkhianati hasil yang akan didapat.

Baca Juga : Petugas Kebersihan Kota Padang Terima Paket Sembako

Dia menyampaikan bahwa dirinya dulu tidak pernah membayangkan untuk bisa memimpin tanah kelahirannya. Namun itu semua didapat dengan perjuangan yang tidak mudah.

“Puluhan tahun yang lalu, saya juga menjadi siswa di sini. Pada hari ini saya berdiri sebagai Bupati Solok Selatan. Oleh karena itu, tidak tertutup kemungkinan bahwa kalian akan menjadi pemimpin daerah ini, menjadi bupati, menjadi gubernur bahkan menjadi presiden. Tentu dengan usaha, perjuangan, dan kerja keras,” lanjutnya.

Meski demikian, usaha anak-anak ini juga harus ditunjang dengan dukungan dari guru dan orang tua.

Para guru diminta untuk terus meningkatkan kompetensi, berinovasi, dan menyesuaikan dengan perkembangan literasi dan teknologi.

“Ilmunya harus diperbaharui, karena tingkat kompetensi guru berbanding lurus dengan kualitas para muridnya,” ungkapnya.

Dalam mendorong pendidikan generasi Solok Selatan yang semakin baik, pemerintah terus berupaya untuk meletakkan pendidikan sebagai misi yang pertama.

Baca Juga : 67.000 Jemaah Haji Indonesia Berstatus Lansia

Berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan telah  dilaksanakan, seperti pembagian ribuan seragam sekolah gratis setiap tahunnya untuk siswa baru, SD, SMP, SMA/SMK dan juga sekolah di bawah naungan Kementrian Agama.

Kemudian, bekerja sama dengan berbagai universitas ternama di Sumatera Barat, untuk saling mendukung dan sinkronisasi program dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Solok Selatan.

Dalam pendidikan karakter, pemerintah juga meluncurkan program Satu Jorong Satu Rumah Tahfizd. (adi)