Puluhan TPS Terendam Banjir, KPU Punya Solusi Lain

Ilustrasi TPS
Ilustrasi TPS

Kopasnews.com – Puluhan lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Provinsi Riau terendam banjir. Jika air tak kunjung surut, bisa berdampak pada pelaksanaan pemilu yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024. Akan tetapi KPU Riau sudah punya solusi lain kalau banjir masih melanda daerah tersebut.

“Kita terima laporan dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) terdapat 53 TPS masih terendam banjir. Sementara waktu pelaksanaan pemilu sudah dekat, mudahan saja banjir cepat surut,” kata Ketua KPU Riau, Ilham Muhammad Yasir, Senin (5/2/2024).

Dia menyebut lokasi TPS di Provinsi Riau yang terendam banjir berada di Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, dan Indragiri Hulu. Puluhan lokasi TPS yang terendam dengan ketinggian air mencapai pinggang orang dewasa, hal ini bisa berdampak terhadap kelancaran Pemilu bila banjir masih melanda daerah tersebut.

“Kalau banjir masih menggenangi TPS pada saat pemilu berlangsung. KPPS harus mendatangi warga yang tercantum dalam Daftar Pilih Tetap (DPT) atau Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) ini solusi yang akan kita gunakan nanti,” bebernya.

Baca Juga : KPU Sosialisasikan Pemilih Terdata di TPS Sesuai Alamat KTP

Ilham mengatakan, penundaan pemungutan suara diperbolehkan secara aturan dengan alasan ada faktor-faktor yang luar biasa harus dilakukan penundaan pencoblosan di TPS. Akan tetapi KPU Provinsi Riau akan mengupayakan pelaksanaan Pemilu tetap berjalan sesuai jadwal 14 Februari 2024.

“Nah, opsi lain dipindahkan lokasi TPS ke daerah lain. Tentu saja akan menyulitkan pemilih, bisa-bisa partisipasi pemilih berkurang karena jaraknya yang cukup jauh di tempat yang aman dari banjir,” jelasnya.

KPU sendiri akan mulai mendistribusikan logistik ke daerah yang jauh lebih awal seperti Indragiri Hilir dan Rupat Utara Kabupaten Bengkalis, direncanakan pada 7 Februari 2024. Pengiriman logistik tersebut akan terus dilanjutkan pada 13 Februari atau H-1, semoga saja sesuai harapan KPU semua berjalan dengan aman dan lancar.

“Wajib pilih di Provinsi Riau pada Pemilu 2024 ini mencapai 4.732.174, mereka akan menggunakan hak suaranya pada 19.366 TPS yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Riau,” tuturnya. (auf)