Proses Sortir Lipat Surat Suara Presiden, DPD dan DPR I Rampung

Proses sortir lipat surat suara di Gudang Logistik KPU Solok Selatan di Padang Aro berjalan aman dan lancar
Proses sortir lipat surat suara di Gudang Logistik KPU Solok Selatan di Padang Aro berjalan aman dan lancar

Solsel, kopasnews.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Solok Selatan menyebut, baru surat suara Presiden dan surat suara Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yang telah selesai di sortir dan lipat pada hari ke empat ini di Gudang Logistik Simpang Tambang, Padang Aro, Kecamatan Sangir.

Ketua KPU Solok Selatan Ade Kurnia Zelly mengatakan, proses sortir dan lipat surat suara sudah di mulai sejak 12 Januari 2024. Memang banyak di temukan surat suara yang rusak pada saat proses sortir lipat berlangsung, baik itu surat suara Presiden, DPD, dan surat suara DPR RI.

Untuk data jumlah yang rusak tersebut KPU  akan umumkan setelah seluruh proses sortir lipat surat suara tuntas dilaksanakan.

“Yang rusak ada, banyak. Tapi belum bisa kami umumkan karena belom diplenokan. Terkait kapan di diplenokan, tunggu proses seluruh surat suara selesai di sortir dan dilipat,” ujar Ade Kurnia Zelly didampingi Komisoner lainnya Dedi Fitriadi dan Novia Syahfitri, Senin (15/1/2024) sore di Gudang Logistik KPU.

Dia mengatakan, untuk surat suara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI sore ini sudah tuntas di lipat. Besok dilanjutkan surat suara DPRD Provinsi. Baru di tahap akhir surat suara DPRD Kabupaten Solok Selatan di sortir dan di lipat. Setelah ini selesai KPU akan langsung diplenokan jumlah yang rusak setelah di verifikasi kembali.

Baca Juga : Bawaslu Umumkan Putusan 7 Laporan Dugaan Pelanggaran Pemilu 2024

Untuk jumlah personil sortir lipat di Gudang Logistik KPU sebanyak 115 orang, masuk pagi hingga sore harinya pada jam dinas. Baik jumlah surat suara Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Solok Selatan jumlahnya sama, masing-masing sebanyak 123.294.000 surat suara.

“Kemarin Presiden dan DPR RI. Hari ini DPD RI, besok lanjut surat suara DPRD Provinsi. Semua proses berjalan dengan baik dan tidak ada kendala apapun,” tambah Dedi Fitriadi.

Sementara, Ketua Bawaslu Solok Selatan Zul Nasri mengatakan, sejak di mulainya proses sortir dan lipat surat suara di Gudang Logistik KPU Solsel, hingga di hari ke empat ini Bawaslu belum menemukan dugaan pelanggaran.

“Proses sortir lipat surat suara ini berjalan aman dan lancar. Sejauh ini belum kami temukan pelanggaran,” bebernya.

Bawaslu setiap turun mengawasi beranggotakan empat orang, dua personil dari Bawaslu Kabupaten dan dua personil pengawas dari Panwascam Sangir.

Pengawas akan terus melakukan pengawasan sesuai prosedur dan teliti disetiap proses pengawalan sortir lipat Surat Suara tersebut.

“Kita akan terus awasi hingga tuntas di Gudang Logistik ini,” tuturnya. (adi)