Ustadz UAS Nikmati Keindahan Kampung Adat Terpopuler di Indonesia JelangTablig Akbar 

 

 

Solsel, kopasnews.com –  Ustadz Abdul Somad (UAS) menikmati suasana keindahan Kampung Adat Terpopuler di Indonesia Kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) disela-sela kunjungannya ke Solok Selatan untuk pelaksanaan kegiatan Tabligh Akbar, Sabtu (16/12/2023) siang.

UAS bersama rombongannya seketika terpukau melihat kawasan saribu rumah gadang yang seperti kembali ke lorong waktu Minangkabau.

Tak hanya menggambarkan fisik rumah gadang sebagai perkampungannya, akan tetapi juga keramahtamahan masyarakat yang menyambut sederhana kedatangan UAS ke kawasan tersebut.

Kesederhanaan dan suka cita masyarakat yang menyambut seperti kondisi Minangkabau tempo dulu dengan keramahtamahan orang Minangkabau yang berlandaskan pada falsafah Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.

Selain melihat keindahan perkampungan adat, UAS juga dijamu langsung di salah satu rumah gadang di Rumah Gadang Gajah Maram Suku Malayu.

Baca Juga : Finalis Tartil Qur;an Disarankan Dewan Hakim Pindah ke Cabang Tilawah

Rumah gadang ini juga menjadi saksi perjalanan masyarakat Minangkabau dari waktu ke waktu. Rumah gadang ini telah berdiri sejak tahun 1794 yang dipimpin oleh Rapun Datuak Lelo Panjang.

Abdul Somad di kerumuni warga di Kampung Adat Terpopuler di Indonesia
Ustadz Abdul Somad di kerumuni warga di Kampung Adat Terpopuler di Indonesia

Rumah Gadang Gajah Maram ini terdapat 2 pintu masuk dan terdiri dari 9 ruang dan memiliki 2 anjuang. Bangunan lama yang masih kokoh itu menjadikan rumah gadang begitu khas seolah menggambarkan identitas yang kuat sebagai perkampungan adat.

Kunjungan UAS ke Solok Selatan dalam rangka tabliq akbar memeriahkan pelaksanaan MTQN XL Tingkat Provinsi Sumatra Barat dan menyambut Hari Jadi Kabupaten Solok Selatan ke-20 tahun yang jatuh pada 7 Januari 2024 nanti.

Kunjungan UAS ke Kawasan Saribu Rumah Gadang didampingi langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan, Khairunas dan Yulian Efi beserta jajaran pemerintahan Solok Selatan lainnya. (adi)