Atraksi Raimas dan Freestyle Meriahkan Hari Bhayangkara ke-78

Polres Solok Selatan AKBP Arief Mukti memeriksa barisan personil saat upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-78 di halaman Mako Polres Solsel di Golden Arm (1/7/2024)
Polres Solok Selatan AKBP Arief Mukti memeriksa barisan personil saat upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-78 di halaman Mako Polres Solsel di Golden Arm (1/7/2024)

Kopasnews.com – Kepala Kepolisian Resor Solok Selatan (Kapolres), AKBP Arief Mukti Surya Adhi Sabhara,S.H, S.IK, M.Si menggelar beragam peragaan atraksi salah satunya Raimas dan freestyle motor yang dipertunjukkan tim Sabhara dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78 di halaman Mako Polres, Senin (1/7/2024) di Golden Arm.

Atraksi Raimas yang dipertontonkan tersebut dalam menunjukkan kesiapan personil dalam menghadapi berbagai situasi nantinya seperti atraksi pembubaran pengunjuk rasa dengan gas air mata.

Atraksi ini menampilkan kemampuan luar biasa dari anggota Sabhara Polres Solok Selatan (Solsel) dimulai dengan demonstrasi keterampilan berkendara dari tim Raimas, yang spesialis dalam penguraian massa.

Lewat atraksi freestyle motor Kapolres mensosialisasikan disiplin dalam berlalu lintas, terutama kepada para generasi muda daerah agar tidak melakukan hal-hal yang berbahaya di jalanan karena berisiko kecelakaan.

Baca Juga : Peringatan Hari Bhayangkara ke-78: Refleksi Pengabdian Polri untuk Kemajuan Solok Selatan

Atraksi ini tidak hanya memperlihatkan keahlian personil, tetapi juga menegaskan peran Polri sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat.

Hari Bhayangkara ini juga dimeriahkan tim Drum Band siswa SMPN 25 Solsel, diikuti peragaan polisi cilik Solsel dibawah binaan Kasat Lantas Polres Solsel.

Tak kalah menariknya inovasi tari piring kolaborasi silat yang dipertunjukkan oleh personil Polres Solsel, memukau seluruh jajaran Polri dan tamu undangan yang hadir.  Ini bentuk kecintaan AKBP Arief Mukti terhadap kelestarian kesenian, budaya, dan tradisi Minang di Solok Selatan.

Menanggapi arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Polres Solsel AKBP Arief Mukti telah melahirkan program inovasinya di tahun 2024 yakni Program Da’i Kamtibmas melibatkan para pendakwah atau ustadz dalam membantu menciptakan situasi kondusif jelang Pilkada 2024 melalui pengajian, ceramah dan tausiyah di masjid, di mushalla dan ditempat umum.

Yang intinya membantu tugas Polri di Polres Solsel dalam menjaga keamanan dan kenyamanan di wilayah hukumnya.

Serta mewujudkan layanan satu pintu melalui Gedung Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Solsel,  Mulai dari penerimaan dan penanganan pertama laporan atau pengaduan, pelayanan bantuan atau pertolongan kepolisian, informasi perkembangan hasil penyelidikan dan lainnya untuk kepentingan publik.

Baca Juga : Gubernur Sumatera Barat Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Tahfiz Al-Quran di Pariaman

Pemasangan CCTV di RTH Solok Selatan di Padang Aro dan Muara Labuh, pemasangan Vidio Wall di Gedung Sarja Arya Racana (SAR) dan penggunaan Dashcam Patrol pada mobil patroli keliling yang digunakan untuk memonitor situasi dan kondisi dilapangan terpantau langsung di gedung SAR.

Bahkan pada peringatan Hari Bhayangkara, Kapolres menyerahkan penghargaan kepada empat personil Bhabinkamtibmas terbaik di Solsel yakni Bripka Toni Resmiko, Aiptu Jon Davidson, Apida Riki Andrea dan Bripka Afriadi.

Kapolres AKBP Arief Mukti didampingi Ketua Bhayankari Ny.Desty Arief Mukti menyebut keberhasilan acara ini tidak hanya meriahkan Hari Bhayangkara, tetapi juga memperkuat citra positif Polres Solok Selatan dalam menjalankan tugasnya. (adi)