12 Siswa SMAN 3 Solok Selatan Raih Prestasi Membanggakan

Kepala SMAN 3 Solok Selatan Akmalu Rijal Putra memberikan motivasi dan semangat kepada siswanya untuk terus capai prestasi di berbagai bidang, baik akademik maupun kegiatan ekstra beberapa hari lalu.
Kepala SMAN 3 Solok Selatan Akmalu Rijal Putra memberikan motivasi dan semangat kepada siswanya untuk terus capai prestasi di berbagai bidang, baik akademik maupun kegiatan ekstra beberapa hari lalu.

 

Kopasnews.com – Kepala SMAN 3 Solok Selatan Akmalu Rijal Putra berharap 12 orang anak didiknya yang sudah berprestasi di tingkat kabupaten dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN), Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN), dan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMA/MA sederajat, hendaknya juga mampu membawa prestasi untuk sekolah dan Kabupaten di level Provinsi dan Nasional nantinya.

Termasuk 54 siswanya yang lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) hendaknya dapat meraih cita-cita dan impian masa depan di masa akan datang. Termasuk ratusan siswa lainnya yang menamatkan sekolah di SMAN 3 Solsel pada tahun ini.

“Kesuksesan 12 siswa kami dalam ajang OSN, FL2SN, dan O2SN menjadi kebanggaan tersendiri buat pelatih, dan siswa yang mengikuti ajang ini. seluruh anak didik sudah memberikan usaha yang maksimal mulai dari awal persiapan hingga pada saat pelaksanaan lomba,” kata Akmalu Rijal Putra, Jumat (31/5/2024) di Kantornya.

“Kami mempersiapkan mereka beberapa bulan yang lalu untuk tiga ajang lomba ini. Anak-anak semuanya sudah menunjukkan usaha yang maksimal, dari awal latihan, mereka telah menunjukkan semangat dan ketekunan dalam belajar, selalu aktif bertanya, baik saat latihan langsung. Dan Alhamdulillah, mereka bisa menuai hasil yang membanggakan sekolah,” jelasnya didampingi oleh Waka Kesiswaan Hendri Kusnadi yang juga berharap anak didiknya nanti ada yang mewakili Sumbar ke nasional.

Baca Juga : 56 Siswa SMAN 3 Solsel Diterima di Perguruan Tinggi Ternama di Indonesia Lewat Jalur Prestasi, Berikut Daftar Namanya

Baca Juga : Peningkatan Minat Pendidikan Agama Menyongsong Masa Depan Bangsa

Menurutnya, prestasi ini merupakan buah dari kedisiplinan dan kesungguhan siswa dalam mengikuti kompetisi. Akmalu Rijal berharap agar siswanya dapat kembali meraih hasil terbaik di tingkat Provinsi Sumatera Barat. Hasil diterima siswa yang mengikuti perlombaan tersebut, semoga menjadi inspirasi dan motivasi bagi siswa yang lain, serta membanggakan sekolah yang terletak di Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir itu.

Berikut Prestasi Ditorehkan Siswa SMAN 3 Solok Selatan Tahun 2024 Tingkat SMA/MA Sederajat di level Kabupaten Solok Selatan:

Olimpiade Sain Nasional (OSN)

1. Deno Aditia Putra juara I Bidang Studi Astronomi.
2. Aulia Rahman Juara 1 Bidang Studi Ekonomi.
3. Mukhtania Faniska Juara 1 Bidang Studi Fisika.
4. Muhammad Surya Aryo Witama Juara 2 Bidang Studi Astronomi.

Ke empat siswa kelas XI SMAN 3 Solsel itu akan mewakili Solsel ke level Provinsi pada ajang OSN itu.

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN)

1. Azzahra Althafunnisa siswa kelas X Juara I lomba Komik Digital.
2. M.Fathan Fadilah siswa kelas X Juara 2 Lomba Fotografi.
3. Mohammad Ravi siswa kelas X Juara 3 Lomba Cipta Lagu.

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN)

Cabang Atletik
Ristiani putri sabet Medali Perak. Siswa kelas kelas X.7 ini meraih Juara 1 lomba lari 100 meter, juara 1 lompat jauh, juara 2 tolak peluru, peringkat 4 lomba lari 400 meter dan untuk lempar lembing dinyatakan dis.

Cabang Badminton
Tunggal Putra, Geraldy Mahendra meraih Medali Emas.
Tunggal Putri, Muthya Selgi Agustin juga berhasil meraih Medali Emas.

Cabang Pencak Silat
Gaya Tunggal Putra, A. Rizqi Saputra berhasil meraih Medali Emas.

Cabang Solo Kreasi Putra

A. Rizqi Saputra juga meraih Medali Emas.

Cabang Karate

Qiniq Rivera meraih Medali Perunggu

Baca Juga : Presiden Joko Widodo Pastikan Stok dan Stabilitas Harga Kebutuhan Pokok di Sumatra Selatan

“Ini awal dari perjalanan kami siswa SMAN 3 untuk bersaing di level Provinsi nantinya. Dua Cabang yang saya ikuti yakni Pencak Silat dan Solok Kreasi Putra, Alhamdulillah saya berhasil meraih juara 1 untuk dua cabang O2SN tersebut,” tutur Deno Aditia Putra peraih juara 1 Bidang Studi Astronomi itu. (adi)