Bupati Dharmasraya Lepas 248 Jemaah Calon Haji

Pelepasan calon jemaah haji Dharmasraya oleh Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan Senin (21/5)
Pelepasan calon jemaah haji Dharmasraya oleh Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan Senin (21/5)

 

 

Kopasnews.com – Sebanyak 248 Jemaah Calon Haji (JCH) dari Kabupaten Dharmasraya resmi dilepas oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, untuk melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci, Mekah di Masjid Agung Dharmasraya.

Bupati Sutan Riska menyampaikan rasa syukur karena seluruh jemaah dalam kondisi sehat dan siap berangkat. “Semua calon jemaah haji asal Dharmasraya tergabung dalam kloter 9 dan akan berangkat menuju Kota Padang dengan 8 bus. Mereka akan masuk asrama haji dan kemudian diberangkatkan ke Tanah Suci dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada 22 Mei 2024,” jelasnya.

Bupati juga mengingatkan para jemaah tentang pentingnya menjaga kesehatan dan saling membantu selama perjalanan haji.

Baca juga : 289 Jamaah Calon Haji Tanah Datar Bertolak ke Tanah Suci

Baca Juga : Calon Jamaah Haji Termuda di Siak Gantikan Ayahnya Yang Wafat
“Perjalanan haji adalah ibadah suci yang membutuhkan fisik yang kuat. Jamaah yang lebih muda hendaknya membantu yang lebih tua. Ini adalah kesempatan yang harus disyukuri karena tidak semua orang diberi kesempatan dan kemampuan untuk melaksanakan ibadah haji,” tambahnya.

Bupati yang juga Ketua Apkasi Indonesia itu menekankan bahwa ibadah haji merupakan puncak dari rukun Islam yang melambangkan keteguhan iman dan penyerahan diri kepada Allah.

“Balasan bagi orang yang melaksanakan haji mabrur adalah surga. Oleh karena itu, persiapan yang baik sangat diperlukan untuk menghindari kendala selama pelaksanaan ibadah,” ujarnya.

Sebanyak 49 orang diantaranya merupakan PNS dari lingkungan Pemerintahan Dharmasraya. Bupati juga mengingatkan agar jemaah selalu menjaga kesehatan mengingat perbedaan suhu dan cuaca di Tanah Suci dibandingkan dengan Indonesia.

Baca Juga :Aksi Heroik Kepsek SMAN 3 Solsel Selamatkan Nyawa Warga Dalam Kobaran Api

Dari 248 jemaah, terdiri dari 113 laki-laki dan 135 perempuan. Jamaah tertua berusia 84 tahun, Lutan Abu Kasim dari Kecamatan Koto Baru, dan yang termuda berusia 18 tahun, Siti Khadijah dari Ampang Kuranji, yang berangkat bersama kedua orang tuanya.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Sutan Riska meminta seluruh jemaah untuk mendoakan Dharmasraya, Sumatera Barat, dan Indonesia agar terhindar dari bencana dan selalu dalam lindungan Allah SWT. (nit)