Parpol Ikrarkan Isi Deklarasi Pemilu Partisipatif di Kawasan Kampung Adat Terpopuler di Indonesia

Seluruh parpol di Solsel bersama tokoh adat, dan masyarakat sepakati Deklarasi pengawasan pemilu partisipatif di kawasan SRG Solok Selatan. Foto kopasnews.com
Seluruh parpol di Solsel bersama tokoh adat, dan masyarakat sepakati Deklarasi pengawasan pemilu partisipatif di kawasan SRG Solok Selatan. Foto kopasnews.com

Solsel, kopasnews.com – Seluruh Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu termasuk kaum adat, dan masyarakat di selingkar kawasan Seribu Rumah Gadang (SRG)  diharapkan dapat bekerjasama mengawasi dan menciptakan kondisi pemilu yang kondusif di tahun 2024.

Hal ini diharapkan Ketua Bawaslu Solok Selatan Zul Nasri saat Deklarasi Nagari Pengawasan Pemilu Partisipatif di halaman  Rumah Gadang Tirto, Kawasan SRG, Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, Rabu (15/11/2023).

Dengan adanya deklarasi nagari partisipatif di kawasan SRG bersama seluruh Parpol untuk bisa menghidupkan partisipasi masyarakat dengan bersama pemangku adat, pemangku agama untuk sama-sama mengawasi Pemilu serta mensukseskan jalannya pemilu tahun 2024.

Dia mengatakan tujuan utama deklarasi ini selain pelaksanaan tahapan pemilu juga dapat sebagai bahan promosi wisata Solok Selatan ke luar daerah.

Baca Juga : KPU Menetapkan Tiga Pasang Capres dan Cawapres 2024

“Disamping deklarasi pemilu kondusif, dan aman di kawasan kampung adat terpopuler di Indonesia ini. Kita juga secara tak langsung dapat mempromosikan wisata budaya dan wisata sejarah ini keluar,” jelasnya.

Zul Nasri mengajak semua lapisan masyarakat di SRG mari berpartisipatif mengawasi Pemilu 2024. Karena kesuksesan pemilu terletak ditangan seluruh masyarakat Solsel termasuk dalam menciptakan situasi dan kondisi yang lebih bersahabat.

APK dalam masa tenang sudah dilakukan himbauan dan menyurati parpol untuk menurunkan atau menertibkan sendiri. Dalam waktu dekat akan dirapatkan, karena baru di SK kan. Bagaimana teknis penertiban bagi parpol dan caleg yang tidak mau tau aturan. Upaya Bawaslu sudah Surati pimpinan Parpol, maka melalui panwascam akan menyurati caleg di masing-masing kecamatan.

“Hari ini bagaimana kita melakukan pencegahan terhadap kemungkinan pelanggaran
yang akan terjadi di 2024. Sebab itu perlunya deklarasi dengan parpol agar tahapan pemilu berjalan aman, damai dan tertib,” papar mantan Wali Nagari Ranah Pantai Cermin tersebut.

Baca Juga : Parpol Tanya Kapan APK Ditertibkan, Begini Jawaban KPU dan Bawaslu

Sementara Sekretaris Bawaslu Solok Selatan Admi Munandar membacakan empat isi deklarasi pemilu partisiapatif tahun 2024 yang disepakati oleh seluruh partai politik di Kabupaten Solok Selatan, dan ikut mengikrarkan isi deklarasi tersebut di halaman Rumah Gadang Tirto, Kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu bersama tokoh adat, tokoh agama, utusan organisasi yang ada di Solok Selatan.

 

Berikut isi deklarasi pemilu partisipatif tahun 2024 tersebut :

1. Mewujudkan pemilu yang langsung
umum, bebas rahasia, jujur dan adil.
2 Mewujudkan pemilu yang aman, tertib berintegritas tanpa hoax, politik sara dan politik uang.
3.Mewujudkan pemilu partisipatif oleh masyarakat
4.Berani melaporkan jika terjadi dugaan pelanggaran pemilu. (adi)