Supreme Energy Salurkan Bantuan Kemanusiaan di Kabupaten Agam dan Tanah Datar

PT Supreme Energy Solok Selatan menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada korban banjir bandang di Agam dan Tanah Datar
PT Supreme Energy Solok Selatan menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada korban banjir bandang di Agam dan Tanah Datar

 

Kopasnews.com – Tim PT Supreme Energy PLTP Muara Laboh Solok Selatan memberikan bantuan kemanusiaan kepada dua kabupaten, yakni Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar.

Site Relations PT SMEL,Bujang Joan Dt Maninjunbersama rombongan tim SEML, menyalurkan

“Alhamdulillah, hari ini bantuan yang kita salurkan berupa kompor gas, tabung gas lengkap dengan regulator, selimut, kasur, sapu ijuk, kain pel, keset, kain sarung, dan banyak lagi. Bantuan ini diberikan melalui posko utama di Kantor Camat Sungai Puar, Kabupaten Agam, dan Gedung Indo Julito, Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar,” ujar Site Relations PT SMEL,Bujang Joan Dt Maninjuna, Rabu (5/6/2024).

 

PT SEML sebut Bujang Joan juga menyerahkan bantuan uang tunai Rp3 juta, Rp 2 juta untuk rumah yang hancur dan Rp 1 juta untuk rumah yang mengalami kerusakan berat.

Bantuan ini diserahkan langsung oleh relawan kepada korban di beberapa lokasi, termasuk Bukit Batabuah dan Batu Taba di Ampek Angkek, Kabupaten Agam, serta Kantor Wali Nagari Lima Kaum dan Rambatan di Kabupaten Tanah Datar.

Sejumlah korban yang tidak bisa datang menerima bantuan diantar langsung ke hunian sementara di Jorong Panti Rambatan. Sebanyak 87 kepala keluarga menerima bantuan uang tunai ini.

Baca Juga : Jadwal Timnas Indonesia vs Irak Kualifikasi Piala Dunia 2026

Erwin Patrisa Florist, Site Support Manager PT SEML, menjelaskan melalui telepon bahwa bantuan ini berasal dari kepedulian keluarga besar Supreme Energy, baik dari Jakarta, Solok Selatan, maupun PLTP Rantau Dedap Sumatera Selatan. Bantuan juga didukung penuh oleh BOC, yang juga berasal dari Ampek Angkek.

Prosedur yang dilakukan oleh Supreme Energy mendapatkan pujian karena terstruktur dengan baik dan melibatkan pemuda serta mahasiswa setempat sebagai relawan. Mereka bekerja sama dengan posko dan pihak terkait untuk mendapatkan dan memverifikasi data penerima bantuan, memastikan bantuan sampai kepada yang benar-benar membutuhkan.

Sekretariat “Relawan Rumah Gadang Sicamin Biaro” didirikan sebagai pusat kegiatan, mulai dari pertemuan pagi, pembelajaran kebencanaan, doa bersama, hingga penyampaian pesan keselamatan kepada relawan. Pengadaan barang dilakukan melalui toko-toko lokal untuk mendukung perekonomian setempat, dengan prioritas pada produk lokal seperti sapu ijuk.

Baca Juga : 39 PKD Dilantik Pahami dan Cermati Setiap Temuan Dilapangan

Baca Juga : Antusias ASN Pemprov Riau Tinggi, Kumpulkan 53 Ekor Hewan Kurban untuk Idul Adha 1445 H

Bujang Joan, yang juga merupakan pengurus PMI dan Ketua Forum TJSLP Solok Selatan, menekankan pentingnya penguasaan manajemen kebencanaan oleh dunia usaha dan organisasi kemasyarakatan untuk efektivitas penanganan korban dan penyaluran bantuan.

Beberapa warga di hunian sementara di Jorong Panti Rambatan mengungkapkan rasa terima kasih mereka kepada Supreme Energy, terutama atas bantuan uang tunai yang sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan lainnya setelah menerima bantuan pangan dan pakaian dari donator dan pemerintah.

Bupati Agam, Andri Marwan, didampingi Sekda Agam, Edi Busti, menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada PT SEML atas kepedulian mereka terhadap masyarakat Agam yang terdampak bencana.

“Satu kata untuk PT SEML dalam misi kemanusiaannya: salut,” ucap Bupati Andri Marwan. (adi)