Keindahan Tersembunyi Danau Tuo di Ujung Ladang, Nagari Koto Sani, Solok

Keindahan Danau Tuo, Koto Sani, Kabupaten Solok, Sumatera Barat manjakan pengunjung. Foto: Suthan Pamenan
Keindahan Danau Tuo, Koto Sani, Kabupaten Solok, Sumatera Barat manjakan pengunjung. Foto: Suthan Pamenan

Kopasnews.com – Danau Tuo, yang terletak di Ujung Ladang, Nagari Koto Sani, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat, adalah sebuah permata tersembunyi yang dapat dinikmati dari ketinggian.

Hanya berjarak sekitar 37 kilo meter dari ibu kota kabupaten Solok, danau ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan meskipun ukurannya relatif kecil dibandingkan dengan danau-danau besar lainnya seperti Danau Singkarak, Danau Talang, Danau Atas, dan Danau Bawah.

Dikelilingi oleh lahan pertanian, pepohonan, dan lingkungan yang masih asri, Danau Tuo memiliki keunikan tersendiri. Bentuknya yang bulat dan dikelilingi oleh vegetasi hijau memberikan kesan alami yang menenangkan. Meski hanya seluas sekitar empat kali lapangan sepak bola, danau ini mampu memikat siapa saja yang berkunjung dengan pesona alamnya.

Untuk mencapai Danau Tuo, pengunjung dapat menggunakan kendaraan hingga ke tepi danau. Di sini, mereka akan disambut oleh suara kicauan burung dan nyanyian angin yang menyegarkan.

Baca Juga : Pesona Mahakraya Alam Goa Batu Kapal, Magnetnya Pariwisata Sumatera Barat

Dari puncak Bukit Ubun-Ubun, pengunjung dapat menikmati panorama Danau Singkarak yang diapit oleh Gunung Singgalang dan Gunung Merapi.

Ketika berada di Danau Tuo, ketenangan airnya yang tidak beriak memberikan kesan damai. Letaknya yang agak terpencil membuatnya sering terlupakan, namun belakangan ini, danau tersebut mulai mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Solok yang berupaya untuk mempromosikan keindahan alamnya.

Danau Tuo adalah destinasi sempurna bagi mereka yang mencari ketenangan dan ingin menikmati keindahan alam yang masih terjaga keasriannya. Dengan segala keunikan dan pesonanya, danau ini layak untuk dikunjungi dan dijelajahi lebih dalam.

Silahkan datang dan nikmati pertama yang tersembunyi ini bersama keluarga, teman, sahabat dan kolega. (fri)