Terus Tingkatkan dan Pertahankan Layanan Yang Baik di Disdukcapil

Layanan dukcapil Padang Panjang akan terus ditingkatkan untuk kepuasan masyarakat
Layanan dukcapil Padang Panjang akan terus ditingkatkan untuk kepuasan masyarakat

 

Kopasnews.com –  Tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang Panjang sangat tinggi. Ini harus dipertahankan dan terus ditingkatkan.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra saat membuka Sosialisasi Pendaftaran Kependudukan yang digelar Disdukcapil di Hotel Pangeran City,  Sabtu (11/5/2024).

“Alhamdulillah kepuasan masyarakat dengan pelayanan Disdukcapil sangat tinggi. Saya berpesan jangan hal ini membuat kita lengah dan berpuas diri untuk terus meningkatkan kapasitas kita dalam melayani masyarakat,” tuturnya.

Berdasarkan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) yang dilaksanakan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas, untuk 2023 diperoleh Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) 98,42 dengan mutu layanan sangat baik.

Untuk layanan offline, nilai IKM-nya 99,30. Sedangkan layanan online dengan nilai IKM 98,22. Atas prestasi ini, Sonny mengapresiasi seluruh kinerja dan inovasi yang telah dihadirkan Disdukcapil dalam melayani masyarakat Padang Panjang.

Baca Juga : Kini Pelayanan Dukcapil di Solsel Sudah Satu Standar

Sementara Kepala Disdukcapil Sumatera Barat, diwakili Kabid Fasilitasi Pendaftaran Penduduk, Adek Putra, mengatakan, Disdukcapil Padang Panjang menjadi salah satu dinas terbanyak meraih prestasi, baik di tingkat provinsi  maupun nasional

“Disdukcapil Padang Panjang adalah juara. Laporan dua mingguan yang kami kirim, Disdukcapil Padang Panjang selalu mendominasi dengan berbagai inovasi dan prestasinya,” ucap Adek.

Namun Disdukcapil tetap tidak berpuas diri. Untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi personel dalam mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat, maka digelar sosialisasi pendaftaran penduduk ini. Guna peningkatan kapasitas personel Disdukcapil karena merekalah ujung tombak dalam melayani adminduk.

“Jika personel yang akan melayani masyarakat sudah memiliki kapasitas dan kemampuan yang mumpuni, tentunya masyarakat yang akan mendapat layanan dapat terlayani dengan baik,” sebut Sonny.

Terpisah, Kepala Disdukcapil Padang Panjang, Rudy Suarman, A.P didampingi Kabid Pelayanan Adminduk, Rimanita Erizon, mengatakan, kegiatan sosialisasi ini bertujuan meningkatkan kapasitas dan kesiapan personelnya dalam melayani masyarakat.

“Tingginya kebutuhan masyarakat dalam mengurus adminduk akan berdampak langsung terhadap kesiapan personel yang akan melayani. Jadi untuk menunjang pelayanan tersebut, kami rasa perlu untuk meningkatkan kapasitas personel yang akan melayani masyarakat itu,” tuturnya. (*)